Nasional

Ivana Trump Meninggal Dunia, Berikut Profil si Mantan Istri Donald Trump

  • Ivana Trump, mantan istri pertama dari Donald Trump dikabarkan meninggal dunia di usia ke-73 tahun diduga karena henti jantung.
Nasional
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Ivana Trump, mantan istri pertama dari Donald Trump dikabarkan meninggal dunia di usia ke-73 tahun diduga karena henti jantung.

Dalam postingan Truth Social, Donald Trump menyebut mantan istri pertamanya "seorang wanita yang luar biasa, cantik, dan luar biasa, yang menjalani kehidupan yang hebat dan inspiratif." tulis Trump dilansir dari AFP pada Sabtu 16 Juli 2022.

Sang putra, Eric Trump mengkonfimasi kabar meninggalnya Ivana dan mengenang kepribadian sang ibu.

“Dengan duka yang mendalam kami umumkan meninggalnya ibunda tercinta, Ivana Trump. Ibu kami adalah wanita yang luar biasa — kekuatan dalam bisnis, atlet kelas dunia, kecantikan yang bersinar, dan ibu serta teman yang peduli. Ivana Trump adalah seorang yang selamat. Dia melarikan diri dari komunisme dan memeluk negara ini. Dia mengajari anak-anaknya tentang ketabahan dan ketangguhan, kasih sayang dan tekad. Dia akan sangat dirindukan oleh ibunya, ketiga anaknya dan sepuluh cucunya,”tulis Eric Trump di akun instagramnya @erictrump pada Jumat 15 Juli 2022.

Lalu siapakah sosok Ivana Trump ini? Seperti dilansir dari Reuters, Ivana Trump memiliki nama asli Ivana Marie Zelnickova, lahir 20 Februari 1949 di Gottwaldov Cekoslowakia.

Menurut biografinya yang diposting oleh CMG Worldwide, Ivana menghabiskan mudanya dalam kompetisi ski untuk sistem nasional Cekoslowakia. Ia memperoleh gelar master dalam pendidikan jasmani dan bahasa di Universitas Charles di Praha.

Ivana sempat menjadi pemain ski profesional George Syrovatka, lalu melanjutkan karirnya menjadi model untuk agensi Audrey Morris di Montreal.

Pada tahun 1976, ia bertemu Donald Trump dan mereka menikah sembilan bulan kemudian pada 1977. Selama mendampingi Trump ia berperan membangun citra media Trump pada 1980-an.

Dalam pernikahannya dengan Donald Trump, keduanya dianugerahi tiga orang anak, Putra pertamanya diberi nama Donald Trump Jr yang lahir pada 1977 diikuti oleh putri Ivanka pada 1981 dan putra Eric pada 1984.

Namun sayangnya hubungan keduanya harus kandas, Donald Trump dan Ivana Trump bercerai pada 1991. Ivana melanjutkan karirnya dan merintis ragam bisnis  pakaian, perhiasan dan produk kecantikan dan menulis sejumlah buku.

Hingga akhir hidupnya Ivana Trump meninggalkan seorang ibu, tiga anaknya dan 10 cucu.