Ridwan Kamil
Nasional

Jababeka Disulap Jadi 'Silicon Valley', Ridwan Kamil Pede RI Jadi Negara Ekonomi Adidaya

  • Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menyampaikan bahwa adanya kolaborasi Jawa Barat dengan Correctio akan menjadikan Indonesia menjadi negara dengan ekonomi adidaya.
Nasional
Feby Dwi Andrian

Feby Dwi Andrian

Author

JAKARTA - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyampaikan kolaborasi antara Jawa Barat dengan Correctio akan menjadikan Indonesia negara dengan ekonomi adidaya.

Ridwan Kamil sendiri mengakui bahwa Jawa Barat khususnya di Jababeka sudah siap dengan infrastruktur, sumber daya manusia hingga ekonomi untuk membangun pembangunan yang inovatif dan berkelas dunia.

"Pada 2045 Indonesia akan menjadi negara dengan ekonomi adidaya. Saya juga menekankan pentingnya kolaborasi yang sejalan dengan visi Correctio yang menggabungkan ekosistem start-up, akademia, hingga bisnis," ujar Ridwan Kamil yang disampaikan secara daring pada acara Grand Launching Correctio di President University, Jababeka, Kamis, 8 September 2022.

Adapun Correctio ini merupakan aksi nyata PT Jababeka Tbk untuk mewujudkan kawasan Silicon Valley di Indonesia.

Menurut Sutedja Sidarta Darmono selaku Director PT Jababeka Tbk, Correctio punya ekosistem yang mumpuni berbasis 4.0 menyediakan berbagai akses bagi start up.

"Correctio ini bukan hanya soal mewujudkan satu kawasan, tetapi apa yang dapat ditawarkan ke komunitas," ucap Sutedja.

Ia juga menambahkan, selain ekosistem 4.0, Correctio juga fokus menyediakan akses start up dan industri kepada lembaga riset, venture capital, pemerintah hingga penyedia solusi teknologi dan solusi manufaktur yang tergabung di satu kawasan.

Seperti pengembangan district cooling system, pengaplikasian solar panel, urban farming, fabrication lab, data center, dan smart command center.