<p>Umat Muslim menunaikan Sholat Taraweh Bulan Ramadhan di Masjid Istiqlal, Jakarta. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Nasional

Masjid Istiqlal Batal Gelar Salat Id, Jabodetabek Sepakat Salat Idulfitri di Rumah Saja

  • Semua kepala daerah di kawasan aglomerasi Jabodetabek sepakat untuk menganjurkan pelaksanaan salat Idulfitri 1442 H di rumah saja.

Nasional
Reza Pahlevi

Reza Pahlevi

Author

JAKARTA – Semua kepala daerah di kawasan aglomerasi Jabodetabek sepakat untuk menganjurkan pelaksanaan salat Idulfitri 1442 H di rumah saja.

“Terkait dengan kegiatan Idulfitri, salat Idulfitri dianjurkan di rumah masing-masing,” ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam konferensi pers di Balai Kota DKI Jakarta, Senin, 10 Mei 2021.

Warga yang ingin melaksanakan salat Idulfitri berjemaah tetap diperbolehkan dengan syarat salat berjamaah bertempat di lapangan atau masjid di dekat tempat tinggal. Pelaksanaan salat di masjid pun dibatasi kapasitasnya 50% saja.

Anies meminta agar masyarakat tidak bepergian jauh hanya untuk melaksanakan salat Idulfitri. Hal ini demi mencegah potensi penyebaran COVID-19 lintas wilayah.

Masjid Istiqlal Batalkan Salat Idulfitri
Umat Muslim menunaikan Salat Tarawih Bulan Ramadan di Masjid Istiqlal, Jakarta. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia

Masjid Istiqlal Jakarta resmi membatalkan pelaksanaan salat Idulfitri berjemaah pada Selasa, 11 Mei 2021. Keputusan ini diambil karena pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar menjelaskan potensi penyebaran virus COVID-19 bisa saja terjadi jika Masjid Istiqlal tetap melaksanakan salat Idulfitri. Penyebabnya, kemungkinan jamaah berkumpul di satu titik seperti pintu masuk dan tempat penitipan sandal.

“Memang kita diberikan kesempatan untuk membuka 10 persen terakhir ya. Tetapi 10 persen dari 250.000 itu, itu sama dengan berapa,” ujarnya dalam konferensi pers.

Nasaruddin pun meminta maaf kepada seluruh jemaah Masjid Istiqlal. Dirinya berharap situasi pandemi dapat membaik hingga Masjid Istiqlal bisa menggelar salat Iduladha berjemaah di masa mendatang

Meski sudah ada imbauan untuk salat Idulfitri di rumah, beberapa masjid di DKI Jakarta tetap melaksanakan salat Idulfitri berjemaah dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Pertama, Masjid Agung Al-Azhar akan melakukan salat Idulfitri berjemaah di tempat terbuka atau lapangan. Selanjutnya, ada Masjid Jakarta Islamic Center (JIC) yang akan membatasi jumlah jamaah sebanyak 50 persen dari kapasitas normal.

Lalu, juga ada Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari dan Masjid Sunda Kelapa yang akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat selama pelaksanaan salat berjemaah. (SKO)