<p>Kegiatan PSBB oleh Polda Metro Jaya di Check Point Taman Alfa Joglo, Jakarta Barat. / Dok. TMC Polda Metro Jaya</p>
Nasional & Dunia

Jabodetabek Sukses Kendalikan Transportasi Selama Idulfitri

  • Transportasi umum dan pribadi, baik yang keluar-masuk maupun di dalam Jabodetabek, khususnya pada hari pertama perayaan Idulfitri 1441H, dilaporkan berjalan dengan baik dan terkendali berdasarkan hasil pemantauan dan pengawasan tim gabungan di lapangan. Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati memaparkan, semua perjalanan transportasi keluar masuk Jabodetabek baik itu lewat transportasi darat, laut, udara, kereta api, […]

Nasional & Dunia
Khoirul Anam

Khoirul Anam

Author

Transportasi umum dan pribadi, baik yang keluar-masuk maupun di dalam Jabodetabek, khususnya pada hari pertama perayaan Idulfitri 1441H, dilaporkan berjalan dengan baik dan terkendali berdasarkan hasil pemantauan dan pengawasan tim gabungan di lapangan.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati memaparkan, semua perjalanan transportasi keluar masuk Jabodetabek baik itu lewat transportasi darat, laut, udara, kereta api, termasuk penyeberangan, semuanya dapat dikendalikan dengan baik.

“Dipastikan, transportasi yang beroperasi adalah transportasi yang mengangkut penumpang dengan kriteria dan syarat sesuai dengan ketentuan di SE Gugus Tugas serta transportasi barang/logistik,” ujar Adita di Jakarta, Minggu 24 Mei 2020.

Dia mengaku, pemerintah tegas melarang masyarakat melakukan mudik di tengah suasana Idulfitri yang biasanya menjadi momentum masyarakat untuk berkumpul dan bersilaturahmi bersama keluarga dan kerabat.

Sementara itu, diketahui, selama Idulfitri 1441H, tepatnya tanggal 24 dan 25 Mei 2020, sejumlah operasional angkutan umum di wilayah Jabodetabek telah dibatasi. Contohnya PT KCI membatasi perjalanan KRL dengan jam operasional mulai pukul 05.00-08.00 WIB pada pagi hari dan dilanjutkan pukul 16.00-18.00 WIB pada sore hari untuk seluruh lintas perjalanan. Di luar waktu-waktu di luar jam operasional tersebut, stasiun akan ditutup.

Demikian halnya dengan operasional Transjakarta, pada hari Minggu, 24 Mei 2020, hanya pada pukul 10.00 hingga 18.00 WIB, sedangkan pada Lebaran hari kedua, Senin 25 Mei, TransJakarta akan beroperasi mulai pukul 06.00 sampai 18.00. Sementara itu waktu operasional angkutan umum regular di Bodetabek (di luar DKI Jakarta) tetap sama seperti di awal penerapan PSBB yaitu pada pukul 05.00 WIB sampai 19.00 WIB.

Suasana serupa juga dilaporkan Traffic Management Center (TMC) Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya pada beberapa jalur bebas hambatan. Beberapa tol yang terpantau lancar yaitu Tol Pondok Ranji, Tol Ancol, Tol Pluit, Tol Cikunir 1 arah Cikampek, Tol Kapuk, Tol Dalam Kota KM 00+800 Cawang, dan Tol JORR KM 20+300 Pondok Pinang.

Ruas jalan lainnya yang terpantau lancar yaitu Jalan Lapangan Tembak Senayan, kawasan Pejompongan di Jakarta Pusat, serta Jalan Arteri Pondok Indah di Jakarta Selatan.