Penandatanganan nota kesepahaman antara PT Sinarmas Asset Management dan PT Bank KB Bukopin Tbk, Rabu, 1 Februari 2023.
Korporasi

Jadi Agen Penjual Reksa Dana Sinarmas, KB Bukopin Pastikan Bank Digital Siap Tahun Ini

  • Robby mengatakan, untuk pembelian reksa dana Sinarmas Asset Management melalui KB Bukopin, nasabah nantinya tidak melakukan transaksi di kantor cabang, melainkan secara digital.
Korporasi
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - PT Bank KB Bukopin Tbk (BBKP) akan kembangkan platform bank digital setelah secara resmi bekerja sama menjadi agen penjual efek reksa dana (APERD) PT Sinarmas Asset Management.

Direktur Utama KB Bukopin Robby Mondong mengatakan, dalam kerja sama ini, pihaknya berperan sebagai APERD dari produk reksa dana Sinarmas Asset Management.

Dana tersebut akan dikelola oleh Sinarmas Asset Management, dan dana tersebut akan dialokasikan sesuai dengan profil risiko nasabah.

Robby pun mengatakan, untuk pembelian reksa dana Sinarmas Asset Management melalui KB Bukopin, nasabah nantinya tidak melakukan transaksi di kantor cabang, melainkan secara digital.

Itulah salah satu alasan yang mendorong KB Bukopin untuk mengembangkan layanan digital ke depannya.

"Karena KB Bukopin sendiri didukung oleh Kookmin Bank, kita pastinya akan mengarah ke digital bank. Kita sedang ada proyek NGBS, Next Generation Banking System, itu artinya kita mengganti core banking kita," ujar Robby menjawab pertanyaan wartawan di Kantor KB Bukopin Jalan M.T. Haryono, Jakarta, Rabu, 1 Februari 2023.

Robby pun mengatakan, bank digital dari KB Bukopin rencananya akan siap diluncurkan akhir tahun 2023 ini, dan kemungkinan pada Oktober atau November sudah akan siap.

Dalam kesempatan yang sama, Robby pun menyampaikan bahwa produk reksa dana yang dijajakan oleh KB Bukopin akan diproritaskan untuk segmen nasabah prioritas, namun bukan berarti nasabah-nasabah yang lain tidak bisa melakukan pembelian.

"Kita tidak hanya me-limit pada nasabah-nasabah tersebut (prioritas), tetapi juga ke seluruh nasabah yang ada di KB Bukopin selama memenuhi peraturan yang berlaku," kata Robby.

Robby pun mengatakan bahwa kerja sama ini berpotensi untuk mendongkrak fee based income perseroan, namun ia belum bisa menyebutkan target pastinya.

Sebagai informasi, pada hari ini, Rabu, 1 Februari 2023, KB Bukopin dan Sinarmas Asset Management menandatangani nota kesepahaman kerja sama strategis.

Dalam kerja sama tersebut, KB Bukopin disepakati untuk menjadi APERD reksa dana Sinarmas Asset Management.

Adapun reksa dana Sinarmas Asset Management yang disediakan oleh KB Bukopin adalah Danamas Rupiah Plus, Danamas Pasti, Simas Syariah Pendapatan Tetap, Simas Satu Prima, dan Simas Saham Maksima.