Di Tengah Tantangan Global, Pertamina Sukses Hemat Anggaran sekitar Rp 6 Triliun
Nasional

Jadi Anak Buah Ahok dan Nicke, Ini Profil Jajaran Komisaris dan Direksi Pertamina yang Baru

  • Namun bagaimana sepak terjang para Komisaris dan direksi baru Pertamina ini? Berikut profil singkat Komisaris dan Direksi PT Pertamina (Persero)
Nasional
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melakukan perubahan susunan Komisaris dan Direksi PT Pertamina (Persero) melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada Senin, 19 September 2022.

Rida Mulyana sebagai salah satu Komisaris Pertamina. Lalu ada Erry Widiastono yang menjabat sebagai Direktur Logistik dan Infrastruktur yang baru. Tak ketinggalan ada Atep Salyadi Dariah Saputra mengisi posisi Direktur Strategi, Portofolio, dan Pengembangan Usaha (SPPU).

Susunan Komisaris dan Direksi baru Pertamina tersebut tertuang dalam Salinan Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor SK-198/MBU/09/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-Anggota Dewan Komisaris Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pertamina dan Nomor : SK-199/MBU/09/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Perseroan) PT Pertamina yang ditandatangani pada Senin, 19 September 2022.

Ada yang menarik dari perubahan struktur susunan Komisaris dan Direksi Pertamina, Erick Thohir tetap mempertahankan Komisaris Utama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan juga Direktur Utama Nicke Widyawati. Keduanya tampak bertengger aman dan tak digantikan seperti direksi lainnya.

Namun bagaimana sepak terjang para Komisaris dan direksi baru Pertamina ini? Berikut profil singkat Komisaris dan Direksi PT Pertamina (Persero) :

1. Rida Mulyana

Rida Mulyana saat ini masih menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM). Sebelumnya Rida juga pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal EBTKE ditahun 2015 hingga 2019 dan Direktur Jenderal Kelistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral di tahun 2019 - 2022 sebelum akhirnya diangkat menjadi Sekretaris Jenderal.

2. Erry Widiastono

Sosoknya sudah dikenal di lingkungan Pertamina Group, sebelumnya ia menjabat sebagai Direktur Utama PT Pertamina International Shipping (PIS) pada 13 Juni 2020. Seorang gelar sarjana Teknik Mesin ini juga pernah menduduki posisi sebagai Senior Vice President for Shipping PT Pertamina (Persero).

3. Atep Salyadi Dariah Saputra

Berbagai posisi strategis perusahaan pernah dijabat diantaranya Direktur Utama PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) sebagai lembaga pemeringkat perusahaan dan instrumen pasar modal yang terpercaya di Indonesia.