Nasional

Jadi Biang Penyebaran Virus Zombie di Serial Last Of Us, Berikut Fakta Unik dan Nyeleneh Asli Kota Depok

  • JAKARTA- Kota Depok kembali menjadi perbincangan di sosial media. Penyebabnya, kota yang berada dekat dengan perbatasan Jakarta ini disebut jadi sumber penyebar
Nasional
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA - Kota Depok kembali menjadi perbincangan di sosial media. Penyebabnya, kota yang berada dekat dengan perbatasan Jakarta ini disebut jadi sumber penyebaran virus Zombie dalam serial Last of Us yang tayang di HBO.

Sebelum serial The Last of Us tayang di HBO, Kota Depok memang dekat dengan hal unik dan nyeleneh. Bisa dikatakan Depok adalah Florida-nya Indonesia.

Karena hal Itulah, Kota Depok mendapat tempat tersendiri bagi masyarakat dan tak jarang dibuli oleh netizen.

Lebih jauh, berikut fakta serta  kejadian unik dan nyeleneh dari kota Depok yang bisa Anda ketahui.

1. Tempat Kasus COVID-19 Pertama Di Indonesia

Kasus COVID-19 di Indonesia pertama kali ditemukan di Depok. Kala itu, pasien tak disebut namanya dan diidentifikasi sebagai Pasian nomor 001.

Semenjak penemuan pasien COVID-19 pertama di Depok, pesebaran korona di Indonesia semakin meluas hingga pada akhirnya harus melakukan lockdown.

2. Viral Rumor Babi Ngepet

Isu babi ngepet pernah menjadi viral di Kota Depok pada 2021 lalu. Kala itu, Depok dihebohkan dengan kemunculan babi hutan yang dibarengi dengan menghilangnya uang warga.

Rumor mengenai babi ngepet kala itu bermula dari seseorang berinisial AI yang mengaku sebagai Uztad. Namun setelah ditelusuri, rumor tersebut rupanya hanya akal-akalan AI memang sengaja menakut-nakuti warga dengan Babi Hutan yang dibeli dari seseorang.

3. Kasus Begal

Kasus kemunculan begal di Depok untuk pertama kalinya  sempat membuat viral pemberitaan nasional pada 2012. Bahkan, saking banyaknya kasus begal di Depok, sampai-sampai membuat masyarakat di luar daerah tersebut resah.

Lantaran hal tersebut, masyarakat di luar Depok banyak yang berpikir panjang jika ingin main ke kota yang terkenal dengan Masjid Kubah Mas-nya.

4. Memisahkan Diri Dari Bogor

Pada tahun 1999, Depok yang awalnya masih menjadi bagian dari kota Bogor berupaya memisahkan diri. Upaya tersebut akhirnya berhasil. Depok berdiri menjadi kota sendiri.

Kasus ini pun pernah dibicarakan oleh Deddy Corbuzier diacara Podcast YouTube pribadinya, yang kala itu bintang tamunya adalah Komika Uus.

5. Kemunculan Kolor Ijo

Pada tahun 2004, Indonesia dihebohkan dengan kemunculan Kolor Ijo  mahluk tak kasat mata ini dirumorkan mengincar gadis muda untuk memuaskan nafsunya.

Adapun ciri  Kolor Ijo atau adalah, mahluk  halus  ini  selalu mengenakan pendek berwarna hijau ini. Untuk menangkal kolor Ijo, masyarakat diminta untuk menyediakan daun kelor.

6. Pernah Jadi Negara Sendiri

Pada akhir abad ke-17, saudagar kaya asal Belanda bernama Cornelis Chastelein membeli tanah di Depok seluas 12,44 km2. Saat itu, tanah yang dibelinya berstatus partikiler atau bukan termasuk dari kekuasaan pemerintah Hindia-Belada.

Pada tahun1913, kota Depok menjadi negara  bernama pemerintahan Het Gemeente Bestuur van Het Particuliere Land Depok. Pusat pemerintahanya saat itu terletak di Tugu Depok.

Gerrit Jonathans menjadi presiden pertama setelah dipilih secara demokratis oleh rakyat Depok. Setelah itu terdapat tiga presiden yang pernah memimpin Depok saat masih menjadi negara sendiri yaitu, Martinus Laurens (1921), Leonardus Leander (1930), dan Johannes Matjis Jonathans (1952).

7. Kota Dengan Petir Berbahaya

Dalam penelitian Dr. Ir. Dipl. Ing. Reynaldo Zoro dari Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 2002 menyatakan kota Depok memiliki petir paling ganas dan berbahaya di seluruh dunia.

Dalam penelitian tersebut juga ditemukan bahwa petir negatif di Depok memiliki kekuatan sekitar 379,2 KA (Kilo Ampere) sedangkan petir positifnya berkekuatan sekitar 441,1 KA. Itu berati, kekuatan petir di Depok dapat menghancurkan bangunan yang terbuat dari beton.

Bahkan, kekuatan petir di Depok masuk buku rekor dunia, Guiness World Record sebagai petir paling ganas. Cinere dan Sawangan menjadi daerah paling rentan terjadinya petir dengan kekuatan besar lantaran wilayahnya terpengaruh oleh angin dari lembah, darat.