<p>Ilustrasi PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (TKIM) milik Grup Sinar Mas / Sinarmas.com</p>
Tekno

Jadi Delegasi Hannover Messe 2023, APP Sinar Mas Unjuk Transformasi Digital Garuda+

  • Head of Transformation APP Sinar Mas, Alfian Lim mengatakan saat ini APP Sinar Mas tengah mengimplementasikan Proyek Garuda+, yang bertujuan untuk menyederhanakan dan mengharmoniskan proses bisnis dan transformasi digital melalui implementasi solusi SAP S/4HANA dan TIPS menuju Industri 4.0.
Tekno
Yosi Winosa

Yosi Winosa

Author

JAKARTA - Entitas perkebunan Grup Sinar Mas, Asia Pulp & Paper (APP) memamerkan transformasi digital yang tengah dijalankan perusahaan yakni Proyek Garuda+ di sela acara Hannover Messe 2023. APP Sinar Mas menjadi salah satu delegasi Indonesia dalam perhelatan pameran perdagangan terbesar di dunia tersebut.

Head of Transformation APP Sinar Mas, Alfian Lim mengatakan saat ini APP Sinar Mas tengah mengimplementasikan Proyek Garuda+, yang bertujuan untuk menyederhanakan dan mengharmoniskan proses bisnis dan transformasi digital melalui implementasi solusi SAP S/4HANA dan TIPS menuju Industri 4.0.

Proyek tersebut bermaksud mengubah APP Sinar Mas menjadi bisnis yang berkelanjutan, mengoptimalkan teknologi dan otomatisasi untuk meningkatkan efisiensi dan profitabilitas.

“Solusi SAP S/4HANA telah memungkinkan APP Sinar Mas untuk bertransaksi dan menganalisis data bisnis secara real-time, memecahkan masalah kompleks lebih cepat dibanding menggunakan versi ERP sebelumnya. Solusi end-to-end SAP akan membantu memungkinkan kami beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan pasar dan meningkatkan operasional," kata Alfian, Jumat, 28 April 2023.

Ditambahkan, yang baru dalam Proyek Garuda+ adalah S/4 HANA dan TIPS. S/4 HANA membantu memecahkan masalah kompleks secara real time dan menganalisis lebih banyak informasi lebih cepat daripada versi SAP ERP sebelumnya. Sementara TIPS (TietoEvry Integrated Paper Solution) adalah penerapan standar Production APP Mills Manufacturing Execution System yang meliputi perencanaan Mill, produksi, kualitas, penyimpanan, dan sistem pelaporannya menggunakan aplikasi TIPS dan terintegrasi dengan SAP S/4HANA. 

Dengan penggunaan perangkat seluler dan pemindai (scanners), pengguna akan mendapatkan manfaat efisiensi pekerjaan manual dan bisa mendapatkan akses online yang mudah ke proses produksi, serta data dari otomatisasi dan sensor mesin, untuk memudahkan managemen mengambil wawasan dan keputusan yang lebih baik.

Managing Director SAP Indonesia Andreas Diantoro mengatakan SAP sudah hadir selama lebih dari 25 tahun dan telah berkolaborasi dengan perusahaan manufaktur Indonesia untuk membantu mereka dalam perjalanan transformasi digital ini. Termasuk juga mendukung rencana pemerintah Making Indonesia 4.0 yang sudah dicanangkan sejak 2018 lalu. 

“Salah satu perusahaan yang telah melakukan perjalanan transformasi digital dengan SAP sejak tahun 1996 adalah APP Sinar Mas, produsen pulp dan kertas terkemuka di Indonesia. SAP telah berkolaborasi dengan APP Sinar Mas dalam transformasi ini, yang memungkinkan mereka membuat keputusan berdasarkan data dan mencapai tujuan keberlanjutan mereka," kata Andreas.

Tambahan informasi, pada ajang Hannover Messe 2023 yang berlangsung pada 17-21 April 2023di Hannover, Jerman, Indonesia menampilkan sejumlah teknologi industri 4.0 dan membuka peluang investasi sektor industri.