Natto
Gaya Hidup

Jadi Favorit Banyak Orang, Inilah 5 Makanan Paling Bau di Dunia

  • Ada beberapa makanan yang justru terkenal karena memiliki bau yang tidak sedap. Meski begitu, masih banyak orang yang mau mengonsumsinya bahkan jadi makanan khas yang diburu. Berikut lima makanan paling bau di dunia yang tetap jadi favorit banyak orang.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Tidak hanya rasa dan tampilan, salah satu hal yang turut menggugah selera saat mengonsumsi makanan adalah aroma atau bau. Aroma yang wangi dari makanan memang dari dulu dikenal sebagai penambah nafsu makan. 

Akan tetapi, ternyata ada beberapa makanan yang justru terkenal karena memiliki bau yang tidak sedap. Meski begitu, masih banyak orang yang mau mengonsumsinya bahkan jadi makanan khas yang diburu.

Berikut lima makanan paling bau di dunia yang tetap jadi favorit banyak orang, seperti yang dilansir dari laman Delish.

Natto 

Natto, Foto: Pixabay.com/japan-country-movie

Natto merupakan makanan khas Jepang. Makanan ini terbuat dari kedelai yang difermentasikan lalu memiliki tekstur yang lengket. Seringkali, masyarakat Jepang menyantap natto dengan nasi dan sup mio atau dimasukkan ke dalam sushi atau mie.

Selain teksturnya yang terlihat menantang untuk disantap, natto juga memiliki bau yang menyengat. Banyak orang menyebut natto memiliki aroma seperti kaus kaki yang bau.

Keju Limburger

Keju Limburger, Foto: pixabay.com/PDPhotos

Banyak orang yang menghindari mengonsumsi keju yang beraroma busuk. Tapi di Wisconsin, keju berbau busuk ini sangat disukai dan sering disajikan sebagai bagian dari sandwich Limburger dengan mustard dan topping irisan bawang mentah yang banyak.

Doenjang

Doenjang, Foto: Pixabay.com/touchngo

Doenjang merupakan pasta kedelai yang difermentasi dan menjadi makanan pokok dalam masakan Korea karena rasanya yang kaya, gurih, dan rasa seperti umami. Namun, doenjang memiliki bau seperti amonia yang kuat yang timbul akibat proses fermentasi yang diperpanjang.

Stinky Tofu 

Stinky Tofu, Foto: Pixabay.com/focusonpc

Tahu yang memiliki bau busuk ini merupakan tahu yang difermentasi. Stinky tofu justru populer di seluruh China dan sering disajikan dengan digoreng terlebih dahulu. Bau busuknya memang bisa mengganggu, tapi ketika dimasak dengan baik makanan ini justru terasa enak dan lembut.

Durian

Durian, foto: Pexels.com/Tom Fisk

Durian merupakan buah favorit banyak orang, apalagi bagi masyarakat Asia Tenggara termasuk Indonesia. Buah durian sering digunakan dalam smoothies atau isian roti manis. 

Namun, menurut seorang chef asal Amerika, Andrew Zimmern menyebut bahwa durian memiliki aroma seperti bawang lembek yang benar-benar busuk.

Itu tadi 5 makanan favorit banyak orang yang memiliki bau busuk. Dari kelima makanan tersebut, makanan apa yang pernah Anda konsumsi dan menjadi favorit Anda?