Walkot Medan, Bobby Nasution saat membuka Horseback Archery Championship 2023
Nasional

Jadi Kawah Candradimuka Atlet Berkuda, Taman Cadika jadi Fokus Revitalisasi

  • Revitalisasi tersebut diharapkan menciptakan kesempatan bagi lahirnya atlet-atlet profesional, khususnya para atlet berkuda dan memanah.
Nasional
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Pemerintah Kota Medan berencana merevitalisasi Taman Cadika yang terletak di Jalan Karya Wisata. Proses revitalisasi juga akan mencakup area penyelenggaraan Horseback Archery Championship.

Revitalisasi tersebut diharapkan menciptakan kesempatan bagi lahirnya atlet-atlet profesional, khususnya para atlet berkuda dan memanah. “Kami akan merevitalisasi Taman Cadika, termasuk mempercantik dan memperluas tempat berkuda dan memanah untuk berlatih para atletnya,” tukas Wali Kota Medan, Bobby Nasution, ketika membuka Horseback Archery Championship 2023, Sabtu, 22 Juli 2023.

Menantu Presiden Joko Widodo itu berharap Taman Cadika akan melahirkan atlet-atlet profesional setelah revitalisasi selesai. Selain digunakan untuk olahraga berkuda dan memanah, Bobby menambahkan Taman Cadika dapat menjadi tempat latihan bergantian bagi cabang olahraga lain.

Lebih lanjut, Bobby mengapresiasi Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Kota Medan atas kolaborasi mereka dengan Pordasi Sumut dalam menyelenggarakan Horseback Archery Championship 2023. Terlebih itu menjadi perlombaan pertama yang diagelar Pordasi Kota Medan dan Sumut.

Meskipun baru kali pertama diselenggarakan, ia menyatakan perlombaan ini berhasil menarik partisipasi dari ratusan peserta yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia. Bahkan ada peserta dari Malaysia. “Alhamdulillah kegiatan pertama kali yang dilaksanakan ini telah diikuti banyak atlet. Apalagi berkuda dan memanah merupakan olahraga yang disunnahkan oleh Islam,” ujar Bobby.

Ketua Pordasi Kota Medan, Benny Iskandar, mengatakan Horseback Archery Championship merupakanrangkaian dalam perayaan HUT Ke-433 Kota Medan. Ada 156 peserta yang berpartisipasi dalam berbagai kategori perlombaan tersebut. “Semoga ajang ini dapat meningkatkan kualitas atlet-atlet berkuda,” ujar Benny.