Ilustrasi kalkulator dan uang. (Pexels.com/Karolina Grabowska)
Gaya Hidup

Jadi Kaya dengan Gaji Cuma Satu Digit? Begini Tipsnya

  • Kaya menjadi impian bagi semua orang tergantung akan kepuasannya masing-masing. Hal ini juga bergantung pada penghasilan yang didapat oleh para individu.
Gaya Hidup
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA - Kaya menjadi impian bagi semua orang tergantung akan kepuasannya masing-masing. Hal ini juga bergantung pada penghasilan yang didapat oleh para individu.

Berpenghasilan besar dimungkinkan dapat meraih mimpi tersebut lebih cepat. Namun, tidak berarti bergaji di bawah satu digit tidak bisa jadi kaya.

Ada sejumlah trik cerdas yang bisa Anda lakukan untuk menjadi kaya meski gaji hanya satu digit. Berikut adalah strategi yang bisa diterapkan seperti dikutip TrenAsia.com dari berbagai sumber.

1. Menabung Sedini Mungkin

Pada zaman dahulu, ada istilah menabung pangkal kaya. Karenanya, hal ini bisa Anda coba lakukan sedini mungkin. Sebab semakin cepat Anda menyimpan uang, maka semakin banyak uang yang terkumpul.

Sebagai ilustrasi, Jika Anda mulai menabung Rp3 juta per bulan pada usia 23, misalnya, Anda bisa mengumpulkan Rp1 miliar pertama pada usia 53 tahun. Itu dengan asumsi pengembalian investasi tahunan rata-rata enam persen.

Sebaliknya, jika Anda mulai pada usia 35 tahun, Anda harus menyisihkan Rp5 juta setiap bulan untuk mencapai tujuan yang sama pada usia 55 tahun.

2. Batasi Pengeluaran

Sejumlah orang menggunakan sistem pos untuk mengatur uang. Dalam pos tersebut, ada sekitar 70% digunakan untuk kebutuhan pokok seperti cicilan rumah, transportasi dan makan.

Coba untuk melakukan penghematan di 3 pos tersebut. Dengan begitu, tabungan atau uang lebih yang bisa Anda dapatkan akan lebih banyak.

3. Cari Sumber Penghasilan Lain

Jika Anda merasa menjadi kaya dengan satu sumber penghasilan memakan waktu lama, Anda bisa mempercepat dengan mencari sumber pemasukan tambahan.

Memiliki banyak sumber pendapatan bisa dengan cara mengerjakan pekerjaan sampingan, menyewakan barang, pendapatan pasif, atau berbisnis.

4. Tetapkan Strategi dan Target Untuk Jadi Kaya

Jika ingin membangun kekayaan, yang Anda harus lakukan adalah memiliki tujuan yang jelas, rencana yang spesifik, dan tenggat waktu yang tegas.

Anda dapat melakukannya dengan mulai menghitung berapa banyak dana yang Anda butuhkan, kapan dana itu harus terkumpul, dan strategi apa yang dibutuhkan untuk mencapainya.

Dalam buku "The Millionaire Booklet: How To Get Super Rich,"  tertulis bahwa supaya tujuan apa pun dapat dicapai, Anda harus memastikan bahwa target itu realistis dan dapat dilakukan. Buatlah hitungan-hitungannya untuk menciptakan kemungkinan, lalu tetapkan strategi.

5. Memaksakan diri Berinvestasi dengan Autodebet

Setelah berkomitmen untuk menabung dan berinsvestasi cara termudah untuk tetap konsisten melakukan kebiasaan ini adalah dengan membuatnya otomatis dengan melakukan autodebet. 
Dengan begini,  Anda memiliki uang dari gaji yang dikirim langsung ke akun investasi Anda setiap bulan.