Sering Jadi Kebiasaan, Ternyata Ini Bahaya Langsung Tidur Usai Makan Sahur
Gaya Hidup

Jadi Kebiasaan Buruk, Ternyata Ini Bahaya Langsung Tidur Usai Makan Sahur

  • Sering jadi kebaisaan saat Ramadan, inilah beberapa bahaya dari kebiasaan tidur setelah makan sahur.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Bulan Ramadan adalah saatnya umat muslim di berbagai negara untuk melaksanakan ibadah puasa. Sebelum puasa, umat muslim dianjurkan untuk makan sahur terlebih dahulu yang dilakukan sebelum adzan subuh.

Biasanya, orang-orang tidak terkecuali Anda akan merasa mengantuk setelah makan sahur dan memutuskan kembali tidur. Akan tetapi, hal itu ternyata berisiko.

Ada beberapa alasan untuk tidak langsung tidur setelah Anda makan berat. Saat mata Anda istirahat, tubuh jadi bekerja keras untuk mencerna makanan sehingga menimbulkan berbagai masalah sistem pencernaan, masalah tidur, hingga penambahan berat badan. 

Berikut bahaya langsung tidur usai makan termasuk makan sahur seperti. yang dilansir dari laman Livestrong.

Bahaya Langsung Tidur Usai Makan Sahur untuk Kesehatan

Bahaya Langsung Tidur Usai Makan Sahur untuk Kesehatan

1. Menimbulkan mulas

Berbaring telentang tepat setelah makan beat mungkin akan terasa enak pada awalnya. Akan tetapi, sebetulnya agar pencernaan bisa lancar, maka tubuh harus dalam posisi tegak.

Ketika perut penuh dengan makanan dan tidak dalam kondisi tegak, maka asam lambung dapat naik melalui kerongkongan Anda dan menimbulkan refluks asam.

2. Tidur tidak berkualitas

Masalah sistem pencernaan akan membuat Anda sulit tidur nyenyak. Tidak hanya itu, mungkin tidur Anda juga akan terganggu akibat harus bangun untuk ke kamar mandi.

3. Meningkatkan Berat Badan

Tidur langsung setelah makan sahur dapat mengganggu kinerja dari sistem pencernaan. Akibatnya, makanan yang telah Anda konsumsi tidak dapat dicerna dengan baik termasuk kalori yang masuk juga tidak dapat diolah sempurna. Hal inilah yang membuat berat badan jadi cepat naik, apalagi jika Anda jarang melakukan olahraga atau aktivitas fisik.

Itu tadi beberapa bahaya dari kebiasaan tidur setelah makan sahur yang sering jadi kebiasaan saat Ramadan.