Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat peluncuran minyak goreng kemasan rakyat (MinyaKita) di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu, 6 Juli 2022. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Nasional

Jadi Menteri Perdagangan, Kekayaan Zulkifli Hasan Menguap Rp5 Miliar

  • Akumulasi harta kekayaan Zulkifli Hasan mencapai Rp27,73 miliar
Nasional
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA - Zulkifli Hasan (Zulhas) resmi menjabat sebagai Menteri Perdagangan pada 22 Juni 2022. Belum setahun menjadi orang nomor satu di Kementerian Perdagangan, kekayaan politisi PAN ini tercatat berkurang sebanyak Rp5,03 miliar.

Berdasarkan data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), kas dan setara kas pada akhir 2022 terkoreksi 41,11%. Jika pada periode yang sama tahun 2011 Zulhas memiliki simpanan tunai sebanyak Rp12,23 miliar.

Sedangkan akhir tahun lalu, jumlahnya susut hampir separuh jadi Rp7,20 miliar. Selain uang tunainya yang berkurang, nilai aset berupa kendaraan motor juga berkurang Rp50 juta.

Dari data LHKPN terlihat bahwa Zulhas merupakan customer loyal Toyota seri Alphard. Bukan hanya satu, Zulhas mengoleksi Toyota Alphard sebanyak 4 buah dengan tahun yang berbeda.

Selain mobil, Zulhas juga gemar menjadikan uangnya dalam bentuk tanah dan bangunan. Total, nilai aset tanah dan bangunannya bernilai Rp12,98 miliar. Tahun lalu, Zulhas cukup agresif berinvestasi pada tanah bangunan.

Diketahui, tahun lalu ia membeli tanah dan bangunan di 9 titik berbeda. Total, tanah dan bangunan milik Zulhas tersebar di 18 lokasi di Jakarta Timur dan Bogor.

Di samping itu, Zulhas juga berinvestasi di surat berharga dengan nilai mencapai Rp4,99 miliar. Lainnya, ada harta bergerak lainnya sejumlah Rp1,5 miliar.

Sehingga, akumulasi harta kekayaan mantan menteri kehutanan tahun 2009-2014 ini mencapai Rp27,73 miliar atau berkurang 15,48% dari tahun sebelumnya Rp32,81 miliar.