Thiago Silva pemain Chelsea
Gaya Hidup

Jadi Sponsor Utama Chelsea, Infinite Athlete Bayar Rp774 Miliar per Tahun

  • Chelsea telah mencapai kesepakatan dengan Infinite Athlete menjadi sponsor utama kaos tim pria dan wanita dengan nilai kontrak Rp774 miliar per tahun..

Gaya Hidup

Alvin Pasza Bagaskara

JAKARTA - Chelsea dikabarkan telah mencapai kesepakatan dengan Infinite Athlete menjadi sponsor utama kaos tim pria dan wanita dengan nilai 40 juta poundsterling/Rp774 miliar per tahun (asumsi kurs, Rp19,355,35 satu pounds).

Melansir Daily Mail, Rabu 9 Agustus 2023, Chelsea dan Infinite Athlete telah menyetujui besaran kontrak sponsor utama kaos. Namun, kedua belah pihak harus menunggu lampu hijau dari Premier League terlebih dahulu, sebelum dirilis secara global.

“Penggemar Chelsea di media sosial mulai berspekulasi tentang kesepakatan Infinite Athlete jadi sponsor utama. Pasalnya rumor itu bocor ke publik pada saat tur pramusim,” tulis Daily Mail dikutip TrenAsia.com.

“belum diumumkan secara resmi, orang dalam yang mengkonfirmasi kepada Daily Mail bahwa kesepakatan itu hanya menunggu persetujuan Premier League,” lanjutnya.

Sebenarnya, Chelsea belum lama ini juga telah menyetujui nilai kontrak sponsor utama kaos dengan layanan film kenamaan Amerika Serik yakni Paramount Plus. Namun demikian, ini dilarang oleh Premier League, lantaran dapat melanggar aturan pemegang hak siar.

Jika disetujui Premier League, kurang dari dua hari, Chelsea bakal merilis jersey anyar 2023/2024 dengan sponsor utama Infinite Athlete yang akan digunakan pertama kalinya pada pertandingan pembuka Liga Premier Inggris melawan Liverpool, Minggu, 13 Agustus 2023.

Sebelumnya, Chelsea tidak diperpanjang kontrak kerjasamanya oleh sponsor utama Three yang telah bekerja sama semenjak 2020 dengan total nilai kerja sama yang mencapai 40 juta pounds per tahun. Pasalnya, pada musim lalu, The Blues hanya finis di peringkat ke-12 , sekaligus gagal tampil di Liga Champions.

Oleh sebab itu, kesepakatan dengan Infinite Athlete jadi sponsor utama dengan nilai 40 juta poundsterling per tahun merupakan langkah yang cukup bijak, mengingat The Blues tidak tampil di kompetisi benua biru.

Kendati begitu, masih belum diketahui pasti berapa tahun kontrak kerja sama tersebut. Namun, terdapat rumor, The Blues berhak mendapatkan tambahan bonus sebesar 10 juta poundsterling jika memenuhi syarat yang diajukan raksasa teknologi Amerika Serikat itu.

Artificial Intelligence

Diketahui Infinite Athlete adalah salah satu raksasa teknologi Amerika Serikat yang kini sedang giat mengembangkan kecerdasan buatan khususnya dalam bidang olahraga sepak bola.

Dalam hal ini, nantinya Infinite Athlete bakal menyediakan data statistik pemain secara komplit yang diolah menggunakan kecerdasan buatan lewat beberapa titik kamera yang diletakkan dari dalam stadion.

Sehingga, bos baru Chelsea, Mauricio Pochettino dan stafnya akan memiliki data pemain dengan kecerdasan buatan nan canggih. Hal ini sangat dibutuhkan dalam membantu mengelola skuad dengan target memenangkan kompetisi.

Sementara itu, untuk penggemar, itu berarti dapat melihat statistik yang sama di aplikasi, dan bahkan bisa melihat aksi pemain seolah-olah sedang berdiri dengan teman-teman di tribun Stamford Bridge yakni The Shed End atau Matthew Harding Stand.

Sebagai informasi, Infinite Athlete adalah perusahaan induk dari mitra Chelsea lainnya yakni Tempus Ex yang telah menjalin kerja sama sejak awal tahun 2023. Selain itu, perusahaan teknologi ini juga memiliki kesepakatan sponsor besar dengan merk olahraga lainnya yakni NFL dan Konferensi Pac-12 Collegiate AS.