Pengumuman nama dan launching logo Pegadaian Liga 2 Musim 2023/2024.
Olahraga

Jadi Sponsor Utama Liga 2 Musim 2023/2024, Pegadaian Optimis Bisnis UMKM Ikut Terdongkrak

  • Direktur Utama PT Pegadaian Damar Latri Setiawan mengatakan, jadi sponsor utama Liga 2 Musim 2023/2024 adalah kebanggan dalam memajukan sepak bola nasional, sekaligus meningkatkan bisnis UMKM.
Olahraga
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA – PT Pegadaian resmi menjadi sponsor utama kompetisi sepakbola Liga 2 Musim 2023/2024. Kompetisi kasta kedua di Indonesia itu mulai bergulir pada Minggu 10 September 2023. Partai pembuka mempertemukan Persela Lamongan Vs Persijap Jepara yang berlangsung di Stadion Surajaya Lamongan, Jawa Timur.  

Kesepakatan Pegadaian menjadi sponsor utama Liga 2 Musim 2023/2024 diumumkan melalui konferensi pers bersama Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) di Gedung Pegadaian Tower Jakarta Pusat, Selasa, 5 September 2023. 

Peresmian penggunaan nama dan launching logo Pegadaian Liga 2 Musim 2023/2024 turut dihadiri Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali, Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus, Direktur Surya Citra Media Harsiwi Achmad dan Direktur Utama PT Pegadaian Damar Latri Setiawan. 

Wakil Ketua PSSI Zainudin Amali mengucapkan terima kasih atas kepada Pegadaian yang telah bersedia mendukung pagelaran Liga 2 tahun ini. Eks Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) meyakini kompetisi tersebut ini dapat berjalan lancar.

“Ketua Umum PSSI telah membuat roadmap Indonesia Emas 2045, sejalan dengan keinginan PSSI berjaya di tahun emasnya, Pegadaian pun ada emasnya. Tanpa Pegadaian Liga 2 tidak akan bisa berjalan. Ini akan menjadi ekosistem yang baik bagi dunia usaha maupun dunia olahraga,” ujar kata Zainuddin dikutip dari akun Youtube Pegadaian Official, Rabu 6 September 2023. 

Selaras, Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus meyakini langkah mendukung kemajuan sepakbola Indonesia akan memberikan dampak yang positif baik bagi bisnis Pegadaian maupun bagi reputasi perusahaan.“Kami berharap berkat dukungan dari Pegadaian, kompetisi sepak bola Liga 2 bisa berjalan lancar dan bisa semakin semarak,” ujar Ferry.

Tingkatkan Bisnis UMKM

Sementara itu Direktur Utama PT Pegadaian Damar Latri Setiawan mengatakan, keterlibatan perseroan pada pagelaran Liga 2 dapat menghibur masyarakat khususnya insan sepakbola Indonesia. Hal itu sekaligus dapat membangkitkan perekonomian daerah terutama bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang berkecimpung dalam industri merchandise bola. 

“Perhelatan olahraga Sepak Bola Liga 2 2023/2024 kali ini. Kami yakin Pegadaian Liga 2 tidak akan kalah seru dengan Liga 1. Dengan adanya 280 pertandingan, kami juga optimis bahwa perhelatan ini dapat membantu menggerakkan ekonomi daerah karena memberi manfaat dan peluang usaha bagi para pelaku UMKM di sekitar venue pertandingan,” papar Damar.

Damar menjelaskan, Pegadaian Liga 2 dapat menjadi wadah yang tepat untuk meningkatkan awareness produk dan mengenalkan layanan perseroan di mata masyarakat, khususnya bagi penggemar setia sepakbola Liga 2.

“Pegadaian bukan hanya melayani gadai saja, tapi Pegadaian punya yang namanya Tabungan Emas untuk memberi kemudahan bagi masyarakat untuk berinvestasi. Misalnya para pemain bola bingung untuk mengelola uangnya, bisa beli emas di Pegadaian untuk diinvestasikan, keuntungannya pun akan sangat terasa di kemudian hari,” jelas Damar.

Peluang Ekonomi

Sebelumnya PT LIB telah mengumumkan peserta Pegadaian Liga 2 Musim 2023/2024 bakal diisi 28 klub yang terbagi ke dalam empat wilayah. Itu artinya, setiap wilayah bakal berisi tujuh klub dari penjuru Indonesia. 

Ditotal Pegadaian Liga 2 Musim 2023/2024 bakal tersaji 260 pertandingan, yang dimulai dari babak grup 4 wilayah, 12 besar, play-off degradasi, semifinal, play-off promosi, dan babak final. Kompetisi itu, dihelat perdana pada 10 September 2023 dan berakhir pada 9 Maret 2024. 

Data kajian PT LIB bersama Universitas Indonesia pada 2022 menyebutkan bahwa perputaran uang Liga 1 Musim 2021/2022 yang masih dilanda pandemi Covid-19, mampu mencapai Rp3 triliun. Perputaran uang tersebut juga turut dirasakan oleh segmen UMKM. Namun angka itu menurun sekitar 30% dibandingkan kondisi normal lantaran tidak ada pemasukan tiket.  

Diketahui seluruh peserta Pegadaian Liga 2 Musim 2023/2024 mendapatkan subsidi dana operasional dari PT LIB sebesar Rp1,2 miliar, khusus klub Indonesia Timur Rp1,5 miliar, serta tambahan Rp500 juta oleh PSSI. 

Meski begitu, PT LIB masih menahan dana subsidi untuk beberapa klub Liga 2 yang masih memiliki kewajiban membayar gaji pemain. Subsidi tersebut diharapkan dapat menambah pemasukan saat kompetisi berjalan dan diharapkan dapat meningkatkan perekonomian daerah terutama bagi sektor UMKM. 

Kinerja Pegadaian Semester I-2023

Paruh pertama tahun ini, Pegadaian mampu mencatatkan laba perusahaan Rp2,1 triliun atau naik 18,7% dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar Rp1,77 triliun. 

Hal itu diikuti pendapatan usaha juga mengalami kenaikan secara tahunan sebesar 8,93% dari Rp10,86 triliun menjadi Rp11,83 triliun hingga Juni 2023. 

Selain itu, aset Pegadaian juga tercatat naik dari Rp 68,74 triliun menjadi Rp77,6 triliun periode yang sama atau tumbuh 12,9%.

Sebagai informasi, langkah Pegadaian menjadi sponsor utama Liga 2 tahun ini, mengikuti jejak induk perusahaan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, yang telah menjadi sponsor utama Liga 1 selama 3 tahun terakhir.