Dunia

Jadi Sumber Letusan Terbesar dalam 5000 Tahun Terakhir, Gunung Ini Kembali Menggeliat

  • Ilmuwan Selandia Baru telah meningkatkan tingkat siaga untuk Gunung Taupo.
Dunia
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

WELLINGTON-Ilmuwan Selandia Baru telah meningkatkan tingkat siaga untuk Gunung Taupo. Gunung berapi besar  yang merupakan sumber letusan terbesar di Bumi dalam 5.000 tahun terakhir.

Badan geologi GeoNet mengatakan telah mendeteksi hampir 700 gempa bumi kecil di bawah Danau Taupo, kaldera yang diciptakan oleh Gunung Taupo dan danau terbesar di Selandia Baru.

Dikutip Sky News Selasa 20 September 2022, pernyataan badan itu menyebut bahwa itu telah menaikkan tingkat peringatan gunung berapi menjadi 1 dari 0.

Sistem peringatan gunung berapi didasarkan pada enam tingkat, tetapi Geonet mencatat bahwa letusan dapat terjadi pada tingkat mana pun. Dan  tingkat tersebut mungkin tidak bergerak secara berurutan karena aktivitas dapat berubah dengan cepat.

Gunung berapi Taupo terakhir meledak sekitar 1.800 tahun yang lalu, ketika memuntahkan lebih dari 100 kilometer kubik material ke atmosfer sekitar 200 SM.

Letusan menghancurkan sebagian besar wilayah Pulau Utara tengah Selandia Baru dalam periode sebelum tempat tinggal manusia. Geonet mengatakan letusan itu adalah yang terbesar di planet ini dalam 5.000 tahun terakhir.

Badan tersebut menambahkan bahwa ini adalah pertama kalinya menaikkan tingkat siaga Gunung Api Taupo menjadi 1, tetapi ini bukan pertama kalinya terjadi peningkatan aktivitas hanya kemungkinan letusan masih sangat rendah.

Selandia Baru berada di perbatasan antara lempeng tektonik Pasifik dan Australia dan mengalami vulkanisme dan gempa bumi yang signifikan. Pada 2019 White Island yang dikenal sebagai Whakaari, tiba-tiba meletus dan memuntahkan uap dan abu. Peristiwa yang  menewaskan 22 orang dan melukai 25 orang. Sebagian besar korban adalah turis.