Kereta Cepat Jakarta Bandung
Nasional

Jadwal dan Panduan Akses Tiket Gratis Kereta Cepat Whoosh

  • PT Kereta Cepat Indonesia-China (PT KCIC) menghadirkan Whoosh Experience Program usai peresmian operasional kereta oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Stasiun Halim, Senin 2 Oktober 2023.
Nasional
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - PT Kereta Cepat Indonesia-China (PT KCIC) menghadirkan Whoosh Experience Program usai peresmian operasional kereta oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Stasiun Halim, Senin 2 Oktober 2023. Dalam Whoosh Experience Program, penumpang masih dapat menikmati layanan kereta cepat secara cuma-cuma. 

Tahap pertama pemberlakukan program tersebut yaitu mulai tanggal 2 Oktober untuk pemesanan tiket keberangkatan tanggal 3 hingga 7 Oktober 2023. Tahap selanjutnya akan dibuka secara bertahap kemudian. 

Program tersebut dimaksudkan untuk memberikan pengalaman dan pengetahuan pada penumpang terhadap operasional dan pelayanan yang diterapkan pada kereta cepat Whoosh seperti apa kelak apabila telah berbayar nantinya. 

Dalam program tersebut, penumpang diberikan kebebasan memilih tiket untuk kapan saja dan tidak harus pulang pergi (PP) layaknya pada uji coba publik beberapa waktu kemarin. 

Selain itu sudah mulai diterapkan tiket fisik untuk dapat melewati gate in dan gate out di tiap stasiun Kereta Cepat Whoosh. Penumpang juga sudah dapat turun di Stasiun Padalarang dan melanjutkan perjalanan menuju Bandung menggunakan KA Feeder (pengumpan).

“Dalam Whoosh Experience Program ini, penumpang mulai dapat memilih tiket kereta yang diinginkan sesuai jadwal perjalanan yang tersedia dan tidak harus pulang pergi (pp), penumpang sudah mulai menggunakan tiket fisik agar dapat melewati gate in dan gate out,” ujar Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi, dikutip Selasa, 3 Oktober 2023.

Syarat Ketentuan dan Jadwal Perjalanan

Program promo naik Kereta Cepat Whoosh secara gratis tersebut dilakukan sebagaimana arahan Presiden RI Joko Widodo dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat peresmian Kereta Cepat Whoosh di Stasiun Halim.  Berikut syarat ketentuan dan jadwal perjalanan kereta cepat.

  • Terkait pemesanan tiket dapat dilakukan melalui laman website ayonaik.kcic.co.id.
  • Setiap pemesan hanya dapat melakukan registrasi untuk dua penumpang dalam setiap transaksi.
  • Peserta menunjukan Bukti Registrasi Email yang berisi kode booking dan ID Card untuk melakukan penukaran tiket di loket counter stasiun pemberangkatan.
  • Nama penumpang yang sudah didaftarkan sesuai ID Card saat registrasi tidak dapat diganti ketika penukaran tiket di loket.
  • Penumpang tiba di stasiun maksimal 60 menit sebelum jadwal keberangkatan KA yang telah dipilih.

Adapun jadwal perjalanan yang disediakan sejumlah delapan trip pulang pergi (PP) dari Halim ke Tegalluar. Penumpang dapat memesan perjalanan dengan rute Halim-Bandung maupun Halim-Tegalluar maupun sebaliknya dalam website pemesanan tiket yang disediakan. Baik dari Halim maupun Tegalluar, kereta berangkat pada pukul 08.45, 09.45, 15.35, dan terakhir 17.35 WIB.

Jadwal Perjalanan Kereta Cepat Whoosh Periode 3-7 Oktober 2023

Integrasi Moda

Layanan Kereta Cepat Whoosh ini memiliki integrasi terhadap sejumlah moda transportasi lainnya. Akses menuju Stasiun Halim dapat dijangkau dan terintegrasi dengan LRT Jabodebek dan Transjakarta relasi Halim - Cawang dengan jam operasional mulai pukul 06.00 hingga 16.00 WIB.

Kemudian untuk akses dari Stasiun Padalarang, penumpang dapat menggunakan transportasi yang tersedia seperti KA Feeder (pengumpan) tujuan Bandung dan KA Commuterline Bandung Raya. Apabila menggunakan kendaraan pribadi roda empat, penumpang dapat mengaksesnya melalui Exit Tol Padalarang.

Terakhir akses moda transportasi di Stasiun Tegalluar yang dapat dipilih penumpang yaitu shuttle bus oleh pihak Damri dan Summarecon. Layaknya akses Stasiun Padalarang, penumpang yang kendaraan pribadi roda empat dapat mengakses Stasiun Tegalluar melalui akses keluar tol KM 149 yang beroperasi mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.