Layar menampilkan pergerakan perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis 12 Januari 2023. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Pasar Modal

Jadwal IPO Emiten GPS Sumber Sinergi Makmur (IOTF), Bidik Dana Segar Rp132 Miliar

  • PT Sumber Sinergi Makmur Tbk (IOFT) tengah memulai masa penawaran awal (book building) dalam rangkaian initial public offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan menawarkan sebanyak-banyaknya 1,1 miliar saham.

Pasar Modal

Alvin Pasza Bagaskara

JAKARTA – PT Sumber Sinergi Makmur Tbk (IOTF) tengah memulai masa penawaran awal (book building) dalam rangkaian initial public offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan menawarkan sebanyak-banyaknya 1,1 miliar saham. 

Dalam aksi koorporasi ini, IOFT sebuah emiten bergerak di bidang pelacak GPS dan otomotif menggandeng PT KB Valbury Sekuritas dan PT Shinhan Sekuritas Indonesia. Keduanya ditunjuk sebagai penjamin pelaksana emisi efek dan penjamin emisi efek dalam IPO Sumber Sinergi Makmur.

Melansir e-ipo.co.id, Jumat, 15 September 2023, sebanyak 1,1 miliar saham itu setara dengan 20,83% dari modal ditempatkan dan disetor setelah IPO dengan nominal Rp10 setiap saham. Lalu, pada masa book building, IOTF memasang harga penawaran Rp100-Rp120 per saham. 

Mengacu harga book building yang tengah berlangsung 14-19 September 2023, IOTF berpotensi meraup dana segar sebanyak-banyaknya hingga Rp132 miliar dari aksi koorporasi tersebut. 

Rencana Dana IPO

Merujuk laman prospektus, seluruh dana segar hasil IPO setelah dikurangi biaya emisi bakal digunakn untuk modal kerja. Seperti pembelian berupa perangkat GPS tracker GT06N sekitar 150.000 unit, ET200 sekitar 120.000 unit, OBD sekitar 80.000 unit, X3 sekitar 22.500 unit, WETRACKLITE sekitar 22.500 unit, dan model GPS Tracker lainnya serta perangkat pendukung (soket, kabel ties, Nitto, dan lain-lain).

Seluruh perangkat tersebut akan dibeli IOTF dari Shenzhen Jimi Iot Co. Ltd. (JIMI IOT) sebagai pemasok dan selanjutnya akan dijual kembali perusahaan dalam rangka pelaksanaan kegiatan usaha. Adapun, 

Perlu dicatat, JIMI IOT tidak memiliki hubungan afiliasi. Diketahui kedua perusahaan melakukan kerja sama yang telah diatur berdasarkan perjanjian distributor pada 30 Desember 2022 yang masih berlaku sampai dengan 30 Desember 2027.

Waran Seri I

IOTF juga menerbitkan sebanyak 1,1 miliar Waran Seri I yang menyertai saham baru atau sebesar-besarnya 26,32% dari jumlah modal ditempatkan dan disetor penuh. Waran seri I diberikan secara cuma-cuma sebagai insentif bagi para pemegang saham baru.

Setiap pemegang satu saham baru berhak memperoleh satu Waran seri I, dimana setiap satu Waran memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli satu saham baru IOTF yang dikeluarkan dalam portepel. 

Harga pelaksanaan sebesar Rp 130, yang berlaku mulai 9 April 2024 sampai dengan 8 Oktober 2024. Total hasil pelaksanaan Waran seri I sebanyak-banyaknya Rp 143 miliar. Sementara itu, dana yang diperoleh dari pelaksanaan Waran seri I juga akan digunakan seluruhnya untuk modal kerja.

Jadwal IPO IOTF

  • Masa Penawaran Awal: 14 - 19 September 2023
  • Tanggal efektif: 27 September 2023
  • Masa Penawaran Umum: 2- 5 Oktober 2023
  • Tanggal Penjatahan: 5 Oktober 2023
  • Tanggal Distribusi Saham dan Waran Seri I: 6 Oktober 2023
  • Tanggal Pencatatan Saham dan Waran Seri I: 9 Oktober 2023
  • Akhir Perdagangan Waran Seri I

- Pasar Reguler & Negosiasi: 3 Oktober 2024

- Pasar Tunai: 7 Oktober 2024

  • Awal Pelaksanaan Waran Seri I: 9 April 2024
  • Akhir Pelaksanaan Waran Seri I: 8 Oktber2024
  • Akhir Masa Berlaku Waran Seri I: 8 Oktober 2024.

Profil Perusahaan

Sebagai informasi, PT Sumber Sinergi Makmur Tbk (IOTF) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang usaha distributor dan instalasi perangkat Global Positioning System (GPS) untuk otomotif dan logistik.

IOTF melayani penjualan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) untuk produk Internet of Things (IoT) transportasi darat berupa gps tracker (gps pelacak). Konsumen IOTF mayoritas adalah perusahaan logistik, rental, pembiayaan, korporasi dan individu.

IOTF memiliki layanan pelanggan via telepon dan online chat selama 24 Jam dengan dukungan teknis yang tersebar di sejumlah wilayah.

Meliputi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Cikarang, Karawang, Bandung, Jogjakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Kediri, Malang, Denpasar, Makassar, Manado, Banjarmasin, Balikpapan, Pontianak, Medan, Palembang, dan Lampung.