Ilustrasi Malam Lailatul Qadar (Freepik/tanggamus1001)
Nasional

Jadwal Perkiraan Malam Lailatul Qadar 2024

  • Malam Lailatul Qadar merupakan momen penting dalam bulan Ramadan. Para ulama mengikhtiarkan Malam Lailatul Qadar merupakan malam ganjil yang terdapat pada 10 malam terakhir di bulan Ramadan. Ini terjadi pada malam 21, 23, 25, 27, dan 29.
Nasional
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Malam Lailatul Qadar merupakan momen penting dalam bulan Ramadan. Dalam Al-Quran surat Al-Qadar ayat 3, Allah SWT menetapkan keutamaan malam Lailatul Qadar lebih baik dari seribu bulan.

Dilansir dari Baznas, pada Jumat, 22 Maret 2024, Malam Lailatul Qadar jatuh pada malam ganjil di 10 hari terakhir bulan Ramadan. Terdapat petunjuk dalam Al-Quran dan hadits yang memberikan informasi tentang tanda-tanda dan keistimewaan malam ini.

Selain mencari tanda-tanda dan berupaya mendapatkan malam Lailatul Qadar, penting juga bagi kita untuk memahami arti dan maknanya.

Baca Juga: Jenis Olahraga yang Bisa Anda Lakukan Selama Puasa Ramadan

Muhammad Quraish Shihab dalam bukunya “Membumikan Al-Quran,” kata “qadar” memiliki tiga makna yang relevan dalam Al-Quran.

Pertama, qadar diartikan sebagai penetapan atau pengaturan, sehingga Lailatul Qadar dipahami sebagai malam di mana Allah bagi perjalanan hidup manusia. Pendapat ini didukung oleh ayat 3 surat Ad-Dukhan dalam Al-Quran. Beberapa ulama juga memahami penetapan tersebut dalam batas setahun.

Al-Quran yang diturunkan pada malam Lailatul Qadar artinya pada malam itu Allah mengatur dan menetapkan khiththah dan strategi bagi Nabi Muhammad SAW untuk menyampaikan ajaran Islam kepada umat manusia.

Hal ini berdampak pada perjalanan sejarah umat manusia, baik sebagai individu maupun kelompok.
Kedua, qadar artinya kemuliaan. Malam tersebut adalah malam penuh kemuliaan yang tiada bandingnya. Ia mulia karena dipilih sebagai malam turunnya Al-Quran, dan menjadi titik awal dari segala kemuliaan yang dapat diraih.

Istilah “qadar” yang artinya mulia ditemukan dalam ayat ke-91 Surat Al-An’am yang berbicara tentang kaum musyrik.

Ma qadaru Allaha haqqa qadrihi idz qalu ma anzala Allahu ‘ala basyarin min syay i (mereka itu tidak memuliakan Allah sebagaimana kemuliaan yang semestinya, tatkala mereka berkata bahwa Allah tidak menurunkan sesuatu pun kepada manusia).

Ketiga, qadar berarti sempit. Malam tersebut adalah malam yang sempit, karena banyaknya malaikat yang turun ke bumi sehingga mereka berhimpitan, seperti yang ditegaskan dalam Surat Al-Qadar: “pada malam itu turun malikat-malaikat dan ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.”

Kata qadar yang berarti sempit digunakan oleh Al-Quran antara lain dalam ayat ke-26 Surat Ar-Ra du: “Allah yabsuthu al-rizqa liman yasya wa yaqdiru” (Allah melapangkan rezeki bagi yang dikehendaki dan mempersempitnya bagi yang dikehendakinya).

Pada malam Lailatul Qadar, umat Muslim disarankan untuk melakukan ibadah dan memperbanyak amalan kebaikan seperti shalat malam, tadarus Al-Quran, berdzikir, bersedekah, dan berbuat baik pada sesama.

Ketiga, qadar berarti sempit. Malam tersebut menjadi malam yang sempit karena kedatangan banyak malaikat turun ke bumi, sebagaimana dinyatakan dalam Surat Al-Qadar: “Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.”

Kata “qadar” yang berarti sempit juga digunakan Al-Quran, seperti dalam ayat ke-26 Surat Ar-Ra’d: “Allah yabsuthu al-rizqa liman yasya wa yaqdiru” (Allah melapangkan rezeki bagi yang dikehendaki dan mempersempitnya bagi yang dikehendakinya).

Pada malam Lailatul Qadar, umat Muslim dianjurkan untuk melakukan ibadah dan memperbanyak amal kebaikan seperti salat malam, membaca Al-Quran, berdzikir, bersedekah, dan berbuat baik kepada sesama.

Waktu Malam Lailatul Qadar Ramadan 2024

Dilansir dari Kemenag, para ulama mengikhtiarkan Malam Lailatul Qadar merupakan malam ganjil yang terdapat pada 10 malam terakhir di bulan Ramadan. Ini terjadi pada malam 21, 23, 25, 27, dan 29.

Malam Ganjil 10 Hari Terakhir Ramadan

Menurut hasil sidang isbat Kemenag, malam ganjil 10 hari terakhir Ramadan 1445 Hijriah dimulai pada tanggal 31 Maret 2024, sementara menurut hasil hisab PP Muhammadiyah, dimulai pada tanggal 30 Maret 2024.

Berikut prakiraan Malam Lailatul Qadar 2024 jika mengacu pada yang ditetapkan oleh pemerintah:

19 Ramadhan 1445 Hijriah: Sabtu, 30 Maret 2024

20 Ramadhan 1445 Hijriah: Minggu, 31 Maret 2024

21 Ramadhan 1445 Hijriah: Senin, 1 April 2024 (Perkiraan Malam Lailatul Qadar)

22 Ramadhan 1445 Hijriah: Selasa, 2 April 2024

23 Ramadhan 1445 Hijriah: Rabu, 3 April 2024 (Perkiraan Malam Lailatul Qadar)

24 Ramadhan 1445 Hijriah: Kamis, 4 April 2024

25 Ramadhan 1445 Hijriah: Jumat, 5 April 2024 (Perkiraan Malam Lailatul Qadar)

26 Ramadhan 1445 Hijriah: Sabtu, 6 April 2024

27 Ramadhan 1445 Hijriah: Minggu, 7 April 2024 (Perkiraan Malam Lailatul Qadar)

28 Ramadhan 1445 Hijriah: Senin, 8 April 2024

29 Ramadhan 1445 Hijriah: Selasa, 9 April 2024

Baca juga: Tips Mudah Jaga Berat Badan Ideal Saat Bulan Puasa

Keistimewaan dan Manfaat Utama Malam Lailatul Qadar

1. Malam Lailatul Qadar adalah malam turunnya Al-Quran sebagaimana tercantum dalam surat Al-Baqarah: 185 dan Al-Qadar: 1.

2. Malam Lailatul Qadar dianggap lebih baik dari seribu bulan, ibadah dan amal yang dilakukan pada malam ini dibalas dengan pahala yang sangat besar.

3. Malam Lailatul Qadar dipenuhi berkah, segala urusan dijelaskan dan utusan diutus.

4. Malam Lailatul Qadar adalah malam yang penuh kemakmuran, kedamaian, dan malaikat berbondong-bondong ke bumi, bahkan umat Islam di anjurkan untuk banyak berdoa.

5. Malam Lailatul Qadar adalah hari pengampunan dosa-dosa umat Islam, dengan Nabi Muhammad SAW meriwayatkan bahwa shalat yang dilakukan pada malam ini akan mengampuni dosa-dosa yang telah lalu.

6. Malam Lailatul Qadar ialah malam kebaikan, di mana umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan ibadah dan amal shaleh dengan ikhlas dan sungguh-sungguh.

7. Jika mengabaikan malam ini dapat menyebabkan kerugian, sebab dianggap sebagai kesempatan yang terlewatkan untuk mendapatkan pahala yang setara dengan seribu bulan.

Amalan-Amalan Malam Lailatul Qadar

Rasulullah SAW menganjurkan amalan-amalan yang sebaiknya dikerjakan pada saat malam Lailatul Qadar:

1. Umat Islam dianjurkan menerangi malam menyambut Lailatul Qadar, dengan fokus pada berbagai ibadah seperti dzikir, memperbanyak itikaf.

2. Umat Islam didorong untuk melakukan refleksi diri dan mengevaluasi aspek ibadahnya.

3. Muhasabah ibadah yang perlu perbaikan.

4. Memperbanyak membaca Al-Quran dianjurkan pada malam Lailatul Qadar.

5. Melaksanakan Salat Sunnah seperti salat tahajjud, salat hajat, salat taubat, dan lain-lain.

6. Perbanyak Dzikir membantu mendekatkan diri kepada Allah SWT, membuat permasalahan terasa lebih ringan dan mudah untuk diselesaikan.

7. Memperbanyak Doa.

Buat Anda, ingat, jangan sampai terlewatkan malam Lailatul Qadar ini, ya!