PGN Subholding Gas Pertamina Terus Upayakan Jaga Kinerja Positif ke Depan / Dok. PGN
BUMN

Jaga Kelancaran Layanan Gas, PGN Siagakan Satgas Lebaran

  • PGN mengelola sekitar 866 BBTUD gas bumi yang didistribusikan ke 819.197 Sambungan Rumah (SR), 3.108 pelanggan komersial & industri, 1.986 usaha kecil, dan 22.133 LSP untuk transportasi.
BUMN
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

JAKARTA - Guna memastikan kelancaran layanan gas bumi selama Hari Raya Idul Fitri 1445 H, PT Perusahaan Gas Negara (PGN) telah menyiagakan Satuan Tugas Ramadan Amal Fitri Idul Fitri (Satgas RAFI) 2024. 

Satgas RAFI 2024 ini bertugas mulai H-7 hingga H+7 Idul Fitri, melibatkan seluruh Anak Perusahaan dan Afiliasi PGN.

Dilansir dari siaran pers, PGN mengelola sekitar 866 BBTUD gas bumi yang didistribusikan ke 819.197 Sambungan Rumah (SR), 3.108 pelanggan komersial & industri, 1.986 usaha kecil, dan 22.133 LSP untuk transportasi. 

Selain itu, PGN juga memastikan keamanan infrastruktur dan fasilitas gas bumi dengan melakukan patroli jaringan dan infrastruktur secara berkala.

PGN juga memperkuat pengamanan internal dan eksternal dengan melibatkan TNI dan POLRI. 

“Satgas RAFI PGN sudah aktif siaga memonitor dan mengendalikan penyaluran gas agar seluruh pelanggan dapat merayakan hari raya dengan nyaman. Kegiatan monitoring tekanan gas juga dilakukan secara realtime melalui SCADA System" ujar Direktur Sales dan Operasi PGN, Ratih Esti Prihatini.

Untuk mengantisipasi gangguan pasokan gas, PGN menggunakan gas LNG di FSRU Lampung dan CNG sebagai cadangan.

Pelanggan jargas rumah tangga diimbau untuk menutup katup di dekat meteran jika mudik ke kampung halaman. 

Pembayaran tagihan gas bumi juga dapat dilakukan secara online melalui e-commerce, dengan pelanggan disarankan untuk mengunduh aplikasi PGN Mobile untuk memonitor pemakaian gas.

PGN mengingatkan pelanggan untuk memperhatikan keamanan dan melakukan pembayaran tagihan gas tepat waktu. 

Dengan demikian, diharapkan masyarakat dapat merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan tenang dan nyaman, tanpa perlu khawatir tentang pasokan gas bumi.

Jaringan Gas PGN

Perkembangan jumlah pelanggan Jargas PGN di Indonesia menunjukkan tren yang positif. 

Hingga tanggal 2 April 2024, jumlah pelanggan telah mencapai 819.197 Sambungan Rumah (SR), mendekati target PGN untuk mencapai 1 juta SR pada tahun ini. 

Pertumbuhan ini terjadi secara signifikan dari tahun ke tahun, dengan lonjakan yang cukup besar pada tahun 2023 mencapai 400.000 SR, diikuti oleh 300.000 SR pada tahun 2022, dan 100.000 SR pada tahun 2021.

Untuk mendukung peningkatan jumlah pelanggan, PGN terus memperluas jaringan jargas di seluruh Indonesia.

Saat ini, jaringan jargas PGN telah mencapai 32.343 KM pipa gas dan telah tersedia di 18 provinsi serta 74 kabupaten/kota. 

Target PGN untuk mencapai 4 juta pelanggan Jargas SR pada tahun 2028.

Dengan akses yang semakin luas dan pertumbuhan yang signifikan, Jargas PGN menjadi pilihan yang menarik bagi banyak rumah tangga dan bisnis di Indonesia