<p>PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) resmi beroperasi mulai 1 Februari 2021 / Dok. Bank Syariah Indonesia</p>
Korporasi

Jaga Nasabah, BSI Promo Transfer Pakai BI Fast Cuma Rp5

  • PT Bank Syariah Indonesia Tbk (Persero) atau BSI menggencarkan promo usai gangguan layanan beberapa waktu lalu.
Korporasi
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—PT Bank Syariah Indonesia Tbk (Persero) atau BSI menggencarkan promo usai gangguan layanan beberapa waktu lalu. Terkini, BSI memberikan promo biaya Rp5 per transaksi bagi nasabah yang transfer ke rekening bank lain lewat BI Fast. 

Promo BSI tersebut berlaku mulai tanggal 19-31 Mei 2023. Sebagai informasi, transfer ke bank lain dengan BI Fast sebelumnya dikenakan biaya Rp2.500. “Apresiasi ini ditujukan untuk seluruh nasabah BSI yang setia mendukung hingga saat ini transaksi telah berjalan normal di seluruh channel layanan,” ujar Direktur Utama BSI Hery Gunardi dalam keterangan resminya, dikutip TrenAsia, Senin 22 Mei 2023.

Promo BI Fast dapat diakses melalui BSI Mobile, Netbanking, CMS dan Teller di kantor cabang BSI seluruh Indonesia. Diketahui, nasabah BSI ramai meminta kompensasi usai gangguan layanan yang sempat terjadi sepekan. Sejumlah pihak sempat mengusulkan potongan biaya administrasi sebagai ganti rugi dari bank atas terkendalanya sistem layanan.

Lebih jauh, Hery mengatakan ada peningkatan transaksi BI Fast yang tercemin dalam kenaikan per Maret 2023 secara year on year 1.372 persen. Transaksi BI Fast didominasi di channel BSI Mobile sebesar Rp36,9 triliun dan mencapai 14,44 juta transaksi, disusul CMS, internet banking, dan layanan teller di kantor cabang. 

Volume Setoran

Sementara itu per 16 Mei 2023, Hery menyebut kepercayaan nasabah juga tercermin pada kenaikan penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) harian dan mencetak volume setoran senilai hampir Rp1 triliun pada operasional yang dilakukan 16 Mei. 

Catatan rekapitulasi dari 1.132 kantor cabang BSI di Indonesia menunjukkan total nilai setoran tunai yang dilakukan oleh nasabah mencapai Rp981,59 miliar dengan transaksi tunai mencapai 40.142 transaksi. Di hari yang sama, jumlah pembukaan rekening baru mencapai 6.737 rekening naik dua kali lipat dibanding hari sebelumnya sebanyak 3.670 rekening. 

Selain setoran tunai, BSI membukukan setoran nasabah institusi dan mitra bayar hingga mencapai Rp33,11 miliar dari 1.494 transaksi pada 16 Mei.

“Data singkat ini menggambarkan kenaikan dan tingkat kepercayaan nasabah terhadap BSI cenderung baik seiring dengan sempat adanya gangguan pada 8 Mei lalu,” tegas Hery.