Industri

Jaga Stabilitas Harga, Tokopedia Tutup Ribuan Toko Nakal

  • JAKARTA – Tokopedia mengambil langkah menutup ribuan toko online dan melarang tayang puluhan ribu produk yang terbukti melanggar. Tindakan ini menanggapi harga, judul, dan deskripsi tidak wajar atas produk kesehatan maupun kebutuhan pokok lain sebagai dampak dari virus corona. “Kami sudah tutup ribuan toko online yang menjual dan memberikan informasi produk secara keliru atau melanggar […]

Industri
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Tokopedia mengambil langkah menutup ribuan toko online dan melarang tayang puluhan ribu produk yang terbukti melanggar.

Tindakan ini menanggapi harga, judul, dan deskripsi tidak wajar atas produk kesehatan maupun kebutuhan pokok lain sebagai dampak dari virus corona.

“Kami sudah tutup ribuan toko online yang menjual dan memberikan informasi produk secara keliru atau melanggar ketentuan,” kata VP of Corporate Communcations Tokopedia, Nuraini Razak, Senin 23 Maret 2020.

Selain melakukan dua tindakan di atas, Tokopedia juga memotong biaya layanan 100% untuk penjual di kategori produk kesehatan dan kebutuhan pokok lain. Tujuannya untuk mendorong penjual agar selalu memastikan ketersediaan produk, juga menjaga harga tetap stabil.

“Langkah keamanan ini dilakukan, mengingat belanja online menjadi alternatif transaksi saat ini.”

Seperti diketahui, pemerintah memberlakukan kebijakan karantina diri untuk mengurangi risiko penyebaran virus di tempat ramai sekaligus mendorong bisnis lokal terus beroperasi secara online.