Jajaki Pasar Hiburan Amerika, Kakao Entertaiment Akuisisi Tapas dan Radish
Korporasi

Jajaki Pasar Hiburan Amerika, Kakao Entertaiment Akuisisi Tapas dan Radish

  • Aplikasi hiburan berbasis situs seluler, Kakao Entertaimant Corp dikabarkan akan mengakuisisi dua aplikasi webkomik asal Amerika Serikat, Tapas dan Radish.

Korporasi
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA – Aplikasi hiburan berbasis situs seluler, Kakao Entertaimant Corp dikabarkan akan mengakuisisi dua aplikasi webkomik asal Amerika Serikat, Tapas dan Radish.

Akuisisi dua web komik oleh Kakao menghabiskan uang US$950 juta atau setara Rp13,4 trilun (asumsi kurs Rp14.300 per dollar AS).

Rinciannya, US$510 juta atau Rp7,2 triliun akan dipakai untuk membeli Tapas sedangkan US$440 juta atau Rp6,2 triliun sisanya digunakan untuk akuisisi Radish.

Pembelian dua situs webkomik oleh Kakao bertujuan untuk melebarkan sayap bisnis peeusahaan asal negeri gingseng ini di kancah Internasional.

“Kami berencana untuk masuk ke pasar Amerika lewat akuisisi ini. Kakao berhak atas setegah dari penjualan Tapas. Berdasarkan data tersebut, kami yakin bahwa pertumbuhan bisnis Kakao di Amerika bisa seperti di Jepang dan Korea,” ujar CEO Kakao Entertaimen, Jinsoo Lee mengutip dari Reuters Selasa, 11 April 2021.

Sebelumnya, Kakao diketahui meraih kesuksesan via bisnis webkomiknya. Kesuksesan ini terjadi lantaran perusahaan hiburan yang satu ini punya pola bisnis yang terintegrasi.

Kakao diketahui memiliki wadah untuk para penulis cerita dalam aplikasinya. Tak hanya itu, cerita yang dirasa menarik kemudian diaplikasikan menjadi bentuk webkomik.

Tidak berhenti di situ saja. Kakao diketahui memiliki agensi artis dan rumah produksi sendiri. Alhasil, cerita dari webnovel dan webkomik bisa divisualisasikan dalam bentuk drama.

Atas kiprahnya, Kakao berhasil meraup pendapatan signifikan pada 2020. Tak hanya itu, perusahaan ini juga meraih penghargaan untuk katagori drama di ajang Emmy Awards.

Di Jepang, perusahaan ini menggaet Piccoma. Alhasil Kakao masuk ke dalam jajaran aplikasi seluler berpenghasilan tertinggi diari luar industri game di Negeri Sakura. (RCS)