<p>Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan tiba untuk memenuhi panggilan kepolisian di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa, 17 November 2020. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Nasional & Dunia

Jakarta Kembali Perpanjang PSBB Transisi

  • JAKARTA- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi hingga 3 Januari 2021. “Kami akan memantau dan mengendalikan mobilitas penduduk agar tidak terjadi penularan, baik orang dari luar ke Jakarta maupun sebaliknya. Kami minta keluarga di Jakarta menahan diri tidak beraktivitas liburan ke luar rumah,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan […]

Nasional & Dunia
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

JAKARTA- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi hingga 3 Januari 2021.

“Kami akan memantau dan mengendalikan mobilitas penduduk agar tidak terjadi penularan, baik orang dari luar ke Jakarta maupun sebaliknya. Kami minta keluarga di Jakarta menahan diri tidak beraktivitas liburan ke luar rumah,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Senin 21 Desember 2020.

Fakta kasus positif COVID-19 belum turun sejak pertengahan November menjadi dasar Pemprov memperpanjang PSBB transisi .

Data Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menunjukkan persentase kasus positif selama empat pekan terakhir terus bertambah.

Per 20 Desember 2020, kasus positif di Jakarta mencapai 163.111. Angka ini naik 13,3 persen dibandingkan dua pekan sebelumnya yakni 143.961 kasus pada 6 Desember.

Memperpanjang PSBB transisi juga untuk mengantisipasi melonjaknya kasus saat libur natal dan tahun baru mengingat libur-libur sebelumnya, kasus juga melonjak tajam.

Klaster keluarga dan perkantoran masih menjadi dua penyumbang terbesar bertambahnya kasus COVID-19 di Jakarta.

Per 7-13 Desember 2020 terdapat penambahan jumlah positif sebesar 3.821 kasus pada klaster keluarga dan 313 kasus pada klaster perkantoran.

Sehingga mobilitas penduduk pada libur akhir tahun akan sangat menentukan meningkatnya kasus positif.

“Jangan sampai liburan senangnya hanya sementara malah membuat orang yang kita sayangi beresiko terpapar COVID-19,” kata Anies.