<p>Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi V Pakis-Malang / Dok.  Kementerian PUPR</p>
Nasional

Jalan Tol Bocimi Seksi 2 Ditargetkan Selesai Akhir 2022, Simak Rincian Progres Terbarunya

  • Jalan Tol Bogor - Ciawi - Sukabumi (Bocimi) yang memiliki empat seksi hingga saat ini terus dilanjutkan pengerjaannya dengan keseluruhan panjang jalan 54 kilo meter (km).
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - Jalan Tol Bogor - Ciawi - Sukabumi (Bocimi) yang memiliki empat seksi hingga saat ini terus dilanjutkan pengerjaannya dengan keseluruhan panjang jalan 54 kilo meter (km).

Dilansir dari akun resmi Instagram Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Rabu, 8 Juni 2022, progres Jalan Tol Bocimi seksi 2 Cigombong - Cibadak mencapai 79,50% dan ditargetkan selesai pada akhir 2022 dengan panjang jalan 11,90 km.

Adapun untuk progres konstruksi seksi 3 Cibadak - Sukabumi Barat sepanjang 13,70 km sudah mencapai 42,70% dan seksi IV Sukabumi Barat - Sukabumi Timur sepanjang 13,05 km dengan progres pembebasan lahan sebesar 9,59%.

Sedangkan untuk seksi 1 ruas Ciawi - Cigombong sepanjang 15,35 km telah dioperasikan terlebih dahulu sejak Desember 2018.

Dengan ditargetkannya seksi 2 dapat selesai pada akhir tahun ini sekaligus memberikan peran penting untuk memangkas waktu tempuh dari Jakarta ke Sukabumi dari 5 jam menjadi 2 hingga 2,5 jam.

Penyelesaian konstruksi jalan tol ini menjadi solusi terkait permasalahan kemacetan yang kerap terjadi di wilayah Puncak - Bogor dengan melihat kondisi jalan yang ada.

Sebelumnya, pemerintah telah melakukan banyak hal terkait pelebaran dan penanganan di beberapa titik yang macet dengan mengejar penyelesaian Jalan Tol Bocimi dan rencana pembangunan jalan tol baru.