<p>Jalan tol yang dikelola oleh PT Nusantara Infrastructure Tbk. / Dok. META</p>
Nasional

Jalan Tol Cisumdawu Seksi I Cileunyi-Pamulihan Beroperasi Hari Ini

  • Jalan Tol Cisumdawu Seksi I Cileunyi-Pamulihan resmi beroperasi 24 Januari 2022.
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA – Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) seksi I ruas Cileunyi-Pamulihan sepanjang 11,45 kilometer (km) akan beroperasi hari ini, Senin, 24 Januari 2021. Sebelumnya, ruas tol ini telah melewati  uji laik fungsi (ULF) pada 17-18 Januari 2022 

ULF pada ruas Jalan Tol Cisumdawu yang dibangun dengan nilai investasi sebesar Rp8,41 triliun, dilakukan oleh tim evaluasi yang terdiri dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan (Kemenhub), dan Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia.

Dilansir dari keterangan resmi, Senin 24 Januari 2022, uji laik fungsi dilakukan dalam rangka memastikan semua spesifikasi teknis persyaratan dan perlengkapan jalan di jalan Tol Cisumdawu ruas Cileunyi-Pamulihan sudah memenuhi standar manajemen dan keselamatan lalu lintas agar bisa dilintasi oleh masyarakat. 

“Dilihat dari sulitnya medan dan topografi selama proses pelaksanaan konstruksi jalan Tol Cisumdawu mulai dari perbukitan dan wilayah pegunungan, kualitas pembangunan terus dioptimalkan demi keselamatan dan kenyamanan pengendara,” tulis manajemen Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT).

Jalan Tol Cisumdawu memiliki enam seksi terdiri dari seksi I Cileunyi-Pamulihan sepanjang 11,45 km dan seksi 2 Pamulihan-Sumedang sepanjang 17,05 km dengan total panjang 28,5 km dibangun oleh pemerintah.

Seksi III, IV,V dan VI dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Citra Karya Jabar Tol dengan panjang jalan 33,21 km. Saat ini, progres konstruk seksi III Sumedang-Cimalaka sepanjang 4,05 km sudah rampung 100%, sedangkan seksi IV Cimalaka-Legok sepanjang 8,20 km progress konstruksinya mencapai 18,97%.

Selanjutnya, seksi VA dan VB Legok-Ujung Jaya sepanjang 14,9 km progres konstruksinya mencapai 25,86% dan 48,83% dan seksi VIA dan VIB Ujung Jaya-Dawuan capaian progres konstruksinya sebesar 81,78% dan 93,30%.

Sedangkan, progress pembangunan Junction Dawuan yang tersambung dengan Tol Cipali progresnya sudah mencapai 91,72% dan secara keseluruhan ditargetkan akan selesai konstruksinya pada pertengahan 2022.