pembangunan-jalan-tol-semarang-demak-semakin-lengkapi-konektivitas-utara-pulau-jawa.jpg
Nasional

Jalan Tol Semarang - Demak Akan Dibuka Fungsional Mulai 18 November 2022

  • Kementerian PUPR akan membuka secara fungsional Jalan Tol Semarang - Demak Seksi dua yaitu ruas Sayung - Demak sepanjang 16,31 Km.
Nasional
Feby Dwi Andrian

Feby Dwi Andrian

Author

JAKARTA - Kementerian PUPR akan membuka secara fungsional Jalan Tol Semarang - Demak Seksi dua yaitu ruas Sayung - Demak sepanjang 16,31 Km.

Menteri PUPR Basuki Hadimujono meninjau persiapan seksi dua ruas tol tersebut pada Minggu, 13 November 2022.

Ia meminta untuk melakukan uji coba pembukaan terlebih dahulu yang sudah dilaksanakan pada Jumat, 11 November 2022 pukul 15.00 WIB dengan skema buka tutup satu arah/lajur.

"Saya sudah coba tadi, jalannya sudah bagus dan siap dilewati. Sisa penyelesaian pekerjaan meliputi gerbang tol, guard rail, dan pekerjaan timbunan saya minta agar segera selesai," kata Basuki dalam keterangan resmi, Minggu, 13 November 2022.

Ia menambahkan bahwa pembukaan fungsional ruas tol dan pembangunan duplikasi jembatan ini bertujuan untuk membantu mengurai kemacetan yang kerap terjadi di Jalan Nasional Pantai Utara (Pantura).

Selain itu, Kementerian PUPR juga tengah mempercepat penggantian duplikasi Jembatan Callendar Hamilton (CH) Wonokerto (60 m) dan hingga saat ini progres konstruksinya mencapai 59,89%.

Ia berharap dengan adanya pembangunan jalan tol yang terintegrasi tanggul laut ini, permasalahan banjir rob yang ada di Semarang Timur, khususnya Kaligawe - Sayung yang berimbas pada kerugian ekonomi dapat teratasi dengan baik pada 2023.

"Konstruksi sudah bagus, bisa dimaksimalkan untuk kendaraan besar seperti bus dan truk. Supaya jangan terlalu macet jalan nasional Pantura sebagai cara untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," imbuhnya.