Tekno

Jalankan Misi Keenam, 4 Kosmonot SpaceX Pulang Ke Bumi

  • Penerbangan ini sekaligus memulihkan peluncuran berawak dari tanah Amerika setelah hampir satu dekade ketergantungan AS pada program Soyuz Rusia untuk penerbangan stasiun ruang angkasa.
Tekno
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

FLORIDA - Empat awak di atas kapsul SpaceX pulang ke bumi dengan selamat setelah menjalankan misi luar angkasa. Kosmonot yang berada di atas kapsul SpaceX tersebut jatuh di lepas pantai Teluk Florida pada Sabtu, 11 Maret Waktu setempat setelah berhasil menyelesaikan misi sains lima bulan di Stasiun Luar Angkas Internasional.

Kapsul SpaceX, dijuluki Endurance sebelumnya diketahui akan mendarat di perairan lepas pantai Tampa.

Perlu diketahui, pesawat ruang angkasa Crew Dragon merupakan sebuah pod berbentuk permen karet yang dirancang untuk diluncurkan di atas roket Falcon 9 SpaceX.

Setelah terlepas dari stasiun luar angkasa pada Sabtu pagi, kapsul tersebut kembali dan memasuki atmosfer Bumi. Saat kembali, kapsul tersebut menahan panas gesekan yang menjadikan suhu di luar kapsul melonjak hingga 1.930 derajat Celcius.

Dua set parasut kemudian dikerahkan untuk mengerem turunnya kapsul menjadi 24 kilometer per jam tepat sebelum pendaratan.

Tambahan informasi, misi kali ini merupakan penerbangan berawak keenam SpaceX untuk NASA sejak pesawat ruang angkasa Crew Dragon pertama kali menerbangkan manusia pada Mei 2020. Penerbangan ini sekaligus memulihkan peluncuran berawak dari tanah Amerika setelah hampir satu dekade ketergantungan AS pada program Soyuz Rusia untuk penerbangan stasiun ruang angkasa.

Penerbangan itu dilakukan di Florida pada 6 Oktober untuk melakukan sains rutin di atas stasiun. Pada penerbangan itu, terdapat empat awak yang berasal dari berbagai ras. Mereka antara lain adalah Anna Kikina asal Rusia, Nicole Aunapu Mann yang merupakan wanita asli Amerika pertama yang dikirim ke orbit.

Ada pula Pilot NASA, Josh Cassada serta astronot asal Jepang Koichi Wakata yang merupakan seorang veteran dari empat penerbangan luar angkasa sebelumnya.