ITB
Nasional

Jalin Kerja Sama, ITB Dukung Pengembangan TNI AL

  • Institut Teknologi Bandung (ITB) menjalin perjanjian kerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) dan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL). Kerja sama ini mencakup berbagai aspek penting, termasuk pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
Nasional
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

BANDUNG - Institut Teknologi Bandung (ITB) menjalin perjanjian kerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) dan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL). Kerja sama ini mencakup berbagai aspek penting, termasuk pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Dilansir dari itba.c.id, Rabu, 1 November 2023, salah satu aspek dalam kerja sama ini adalah memaksimalkan potensi dan kualitas sumber daya manusia melalui penyelenggaraan Program Profesi Insinyur. Tujuannya adalah untuk mendukung upaya peningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan cara yang berkelanjutan dan memperluas jaringan kerja sama di masa depan. 

Bukan kali pertama ITB berkolaborasi dengan TNI dalam berbagai bidang Kerjasama termasuk teknologi militer. ITB telah lama menjadi mitra yang dipercayai dalam pengembangan teknologi militer oleh TNI.

Laksamana Pertama Mukhlis menekankan pentingnya kerja sama ini. Di era digital, bentuk pertempuran militer telah berubah secara signifikan. Teknologi memainkan peran yang semakin vital. I

TB adalah pilihan yang tepat untuk berbagi pengetahuan khususnya di bidang teknologi. “Saat ini, dalam pertempuran kalau tidak mengenal teknologi disebut pem-bully-an,” ujar Mukhlis.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB, Jaka Sembiring mengungkapkan ITB adalah sebuah perguruan tinggi yang secara konsisten memberikan kontribusi penting di tingkat nasional dan mendapatkan pengakuan di tingkat internasional. 

ITB memegang prinsip kerja sama yang erat, baik dengan mitra di dalam negeri maupun di luar negeri, sehingga mampu berperan dalam pembangunan nasional. Lebih lanjut, ITB berkomitmen melanjutkan kerja sama ini, tidak hanya dalam pendidikan, tetapi juga dalam riset dan pengabdian kepada masyarakat. 

Hal ini diharapkan dapat membantu TNI Angkatan Laut Indonesia dalam berbagai hal, terutama dalam menghadapi dinamika militer yang semakin dipengaruhi oleh perkembangan teknologi. Kemitraan ini didorong menjadi tonggak penting dalam memanfaatkan keahlian ITB untuk mendukung kepentingan militer Indonesia.