Nasional

Jalur Pansela Terus Tersambung, Arah Jladri - Tambakmulyo Selesai Dibangun

  • Pembangunan jalur alternatif Pantai Selatan (Pansela) Lot 2 Jladri - Karangbolong - Tambakmulyo selesai dibangun dan diharapkan akan meningkatkan kualitas jalur Pansela.
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - Pembangunan jalur alternatif Pantai Selatan (Pansela) Lot 2 Jladri - Karangbolong - Tambakmulyo sudah rampung dibangun dan diharapkan akan meningkatkan kualitas jalur Pansela.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementerian PUPR mengatakan, jalur alternatif Jladri - Karangbolong - Tambakmulyo terbentang sepanjang 4,226 kilo meter (km) yang menyambungkan wilayah Jawa Tengah sampai Jawa Timur.

Dilansir dari akun media sosial Bina Marga Kementerian PUPR, Jumat, 13 Mei 2022, pengerjaan jalur Pansela dibagi ke dalam sembilan paket ruas/Lot yakni Lot 1 dan 2 wilayah Jawa tengah sepanjang 10,65 km, Lot 3, 4, 5 di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, sepanjang 17,32 km, dan Lot 6, 7, 8, 9 di wilayah Jawa Timur dengan panjang 71,69 km.

Sebelumnya, ruas jalur Pansela lain yang sudah rampung di antaranya Tambakreja - Bantarsari di Kabupaten Cilacap sepanajng 6,115 km dan ruas Jeruk Wudel - Baran -Duwet di Kabupaten Gunungkidul.

Penanganan pada jalur Pansela Jawa dilaksanakan melalui pengerjaan pembangunan jalan baru, pemeliharaan jalan, dan rehabilitasi. Selain itu dilakukan rekonstruksi jalan dan jembatan serta pelebaran jalan untuk memenuhi standar agar mempertahankan jalan di jalur Pansela dalam kondisi baik.

Diharapkan dengan selesainya ruas jalur pansela Jladri - Karangbolong - Tambakmulyo  ini dapat meningkatkan kualitas jalur Pansela yang menghubungkan Jawa Tengah dan Jawa Timur, serta mampu mendukung potensi ekonomi besar bagi masyarakat.