Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan PT Hutama Karya (Persero) memastikan pembangunan 8 ruas di Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) akan rampung tahun 2024.
Transportasi dan Logistik

Jalur Tol Solo Jogja Dibuka untuk Mudik

  • Jalur ini hanya boleh dilalui oleh kendaraan Golongan I Non Bus/Kendaraan Kecil dengan kecepatan maksimal 40 km/jam. Diperkirakan sekitar 1.000 kendaraan per jam akan melintasi jalur ini.
Transportasi dan Logistik
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

SOLO - Guna memfasilitasi arus mudik dan balik Lebaran 2024, Jalur Fungsional Tol Jogja-Solo Colomadu-Ngawen sepanjang 22 KM akan dibuka. 

Jalur ini hanya boleh dilalui oleh kendaraan Golongan I Non Bus/Kendaraan Kecil dengan kecepatan maksimal 40 km/jam. Diperkirakan sekitar 1.000 kendaraan per jam akan melintasi jalur ini.

Jalur fungsional ini menjadi alternatif untuk menghindari kepadatan di Tugu Kartasura Delanggu dan Jalan Raya Solo-Yogyakarta. 

Waktu tempuh dari GT Colomadu ke Klaten hanya 25 menit melalui jalur ini. Pengendara dapat masuk dari GT Banyudono dan GT Colomadu, dengan petugas dan fasilitas pendukung disiagakan untuk kelancaran dan keamanan pengguna jalan.

 "Dengan melewati jalur fungsional ini, masyarakat tidak perlu melewati 15 titik Lampu APILL (Alat Pemberi isyarat Lalu Lintas) serta waktu perjalanan dari Akses/Gerbang Tol (GT) Colomadu menuju Klaten hanya 25 menit jika dibandingkan dengan jalan nasional,” ungkap Direktur Utama PT JMJ, Rudy Hardiansyah, dilansir siaran pers.

Jalur fungsional ini hanya beroperasi pada 5-11 April 2024 (arus mudik) dan 12-15 April 2024 (arus balik), dengan jam operasional dari pukul 06.00 hingga 17.00 WIB. 

“Pada periode tersebut, kami membuka jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo Colomadu – Ngawen dengan jam operasional mulai pukul 06.00-17.00 WIB yang diperbolehkan melewati jalur fungsional ini khusus kendaraan Golongan I Non Bus/Kendaraan Kecil." tambah Rudy.

Pengguna jalan juga dapat menggunakan fasilitas toilet dan SPBU mobile yang disediakan, serta mendapatkan layanan MCS, ambulans, penyelamatan, dan derek gratis jika terjadi keadaan darurat.

Enam Posko Lebaran 2024 dan Posko Kepolisian & Dishub siap membantu pengendara dalam perjalanan mereka. 

Jalur fungsional Tol Jogja-Solo Colomadu-Ngawen dapat menjadi pilihan bagi pemudik untuk menghindari kemacetan. 

Pengguna jalan diimbau untuk berkendara dengan aman dan mematuhi peraturan demi keselamatan bersama. 

Pembangunan Tol Solo Jogja

Perkembangan pembangunan Tol Solo-Yogyakarta adalah sebagai berikut:

Ruas tol yang sedang dalam tahap pembangunan adalah dari Klaten ke Purwomartani, dengan panjang sekitar 20 km. Target penyelesaiannya adalah akhir Desember 2024. Adapun sisanya masih dalam tahap pengerjaan.

Sasaran keseluruhan pembangunan Tol Solo-Yogyakarta adalah penyelesaian seluruh ruas tol pada akhir tahun 2024.

Dengan progres pembangunan yang terus berlanjut, diharapkan tol ini akan memberikan manfaat besar bagi mobilitas dan konektivitas antara Solo dan Yogyakarta serta wilayah sekitarnya.