Kecelakaan KA Argo Semeru di Wates (Foto: Antara/Sutarmi)
Nasional

Jalur Wates–Sentolo Ditutup Imbas Kereta Anjlok

  • Peristiwa anjloknya KA Argo Semeru dan Argo Wilis di KM 520+4 petak jalan antara Stasiun Sentolo-Stasiun Wates pada Selasa, 17 Oktober 2023 menyebabkan perjalanan kereta api harus dialihkan melalui jalur utara.

Nasional

Khafidz Abdulah Budianto

JAKARTA - Peristiwa anjloknya KA Argo Semeru dan Argo Wilis di KM 520+4 petak jalan antara Stasiun Sentolo-Stasiun Wates pada Selasa, 17 Oktober 2023 menyebabkan perjalanan kereta api harus dialihkan melalui jalur utara. 

Pasalnya jalur di antara stasiun tersebut masih ditutup untuk proses evakuasi kereta yang anjlok. Kereta yang hendak melintas di jalur tersebut akan dialihkan melalui rute Prupuk – Tegal – Semarang – Solo dan sebaliknya.

“KA Argo Dwipangga relasi Gambir-Solo dan KA Joglosemarkerto relasi Semarang Tawang-Tegal-Purwokerto-Solo akan dialihkan memutar melalui Prupuk dan Tegal. Termasuk pula KA Pasundan relasi Kiaracondong-Surabaya Gubeng yang sesampainya di Stasiun Kroya dialihkan melalui Purwokerto,” ujar Manajer Humas PT KAI (Persero) Daop 5 Purwokerto Feni Novida Saragih, dikutip dari Antara, Selasa 17 Oktober 2023.

PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) melaporkan bahwa jalur di lokasi kejadi masih belum dapat dilewati hingga saat ini. Oleh karenanya PT KAI akan melakukan rekayasa operasi dengan mengalihkan perjalanan KA memutar ataupun dengan overstappen menggunakan bus. “Memindahkan penumpang menggunakan bus ke kota tujuan,” ujarnya.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. “Terdapat total sembilan orang yang mengalami luka ringan, sedang, dan berat,” ujar Petugas PMI Kulon Progo, Ikhbal Taufik, dikutip dari Antara. Meski demikian, dia menyebut data masih akan bergerak sebab ada beberapa yang ditangani di rumah sakit berbeda. 

Sebelumnya, rangkaian KA Argo Semeru dari Surabaya Gubeng tujuan Gambir mengalami musibah anjlok dan terguling di petak jalan antara Stasiun Wates – Stasiun Sentolo. Dari foto dan video yang beredar di media sosial, nampak rangkaian KA bernomor 17 itu keluar dari jalur. 

Dalam sebuah video dari udara terlihat delapan kereta milik KA Argo Semeru dalam posisi cukup miring namun belum sampai terguling. Selain KA Argo Semeru yang terguling, disaat hampir bersamaan KA Argo Wilis juga mengalami hal sama di lokasi tersebut. 

KA bernomor 6 itu disinyalir menyerempet KA Argo Semeru yang dalam kondisi telah telah anjlok saat melintas di jalur sebelahnya. Diketahui lokomotif dari KA Argo Wilis mengalami ringsek pada sisi kabin depan akibat menyerempet sebagain body kereta Argo Semeru. Dalam video yang beredar, sebuah kereta Argo Wilis yang berada di belakang lokomotif juga nampak miring dan keluar dari jalur. 

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyampaikan permohonan maaf atas terganggunya pelayanan akibat peristiwa anjloknya KA 17 Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng - Gambir dan KA 6 Argo Wilis relasi Bandung - Surabaya Gubeng di KM 520 + 4 petak jalan antara Stasiun Sentolo - Stasiun Wates sekira pukul 13.15.