Ilustrasi siswa Jepang masuk sekolah.
Dunia

Jam Masuk Sekolah di Jepang, Negara dengan Sistem Pendidikan Jempolan

  • Pesatnya perkembangan pendidikan di Negeri Sakura membuat banyak pihak penasaran tentang penerapan waktu sekolahnya.
Dunia
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Jepang sudah lama dikenal sebagai salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Tak hanya mendorong prestasi, Jepang menaruh perhatian besar pada pendidikan karakter. Sikap tanggung jawab, kerja sama dan tolong menolong pun ditekankan sejak dini.   

Pesatnya perkembangan pendidikan di Negeri Sakura membuat banyak pihak penasaran tentang penerapan waktu sekolahnya. Diketahui, saat ini di Indonesia tengah ramai kebijakan masuk sekolah pukul 05.00 WIB untuk siswa SMA/SMK di Nusa Tenggara Barat. Kebijakan itu diklaim untuk meningkatkan kedisiplinan dan etos siswa. 

Lalu jam berapa masuk sekolah untuk negara berpendidikan maju seperti Jepang? Usut punya usut, jam masuk di negara tersebut rata-rata pukul 09.00 waktu setempat. Jam masuk itu berlaku untuk sekolah dasar, sekolah menengah pertama hingga sekolah menengah atas. Durasi jam pelajarannya dibedakan berdasarkan tingkatan sekolah. 

Dilansir dari we-expats.com, sekolah dasar di Jepang memulai pembelajaran pukul 09.00 sampai pukul 13.00 waktu setempat. Untuk sekolah menengah pertama, pelajaran akan selesai pukul 15.30 waktu setempat. Adapun sekolah menengah atas selesai pukul 19.00 waktu setempat. Setiap satu jam belajar, siswa diberi istirahat 15 menit untuk relaksasi agar dapat menerima pelajaran selanjutnya

Kenapa Jepang memberlakukan jam masuk sekolah pukul 09.00 WIB? Salah satunya yakni faktor alam. Pada pukul 07.00 atau jam masuk sekolah rata-rata di Indonesia, langit Jepang masih sangat gelap. Bisa dibilang jam tersebut masih seperti pukul 04.00 waktu Indonesia.  

Selain itu, banyak warga Jepang yang sekolah jauh dari lokasi rumahnya sehingga butuh waktu lama untuk menuju sekolah. Pukul 09.00 dianggap sebagai waktu yang paling tepat untuk memulai pembelajaran yang efektif. Di luar sekolah reguler, siswa di Jepang biasanya ikut kelas tambahan atau les untuk meningkatkan kemampuannya.