James Rodriguez resmi melanjutkan karir di Qatar dengan bergabung bersama Al-Rayyan SC.
Dunia

James Rodriguez, Talenta Hebat yang Kini Terdampar di Timur Tengah

  • STARBANJAR - James David Rodríguez Rubio playmaker asal Kolumbia satu diantara gelandang yang paling berbakat, pada masa keemasannya.
Dunia
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA- James David Rodríguez Rubio playmaker asal Kolumbia satu diantara gelandang yang paling berbakat, pada masa keemasannya. Sempat membela tim sepakbola elit Eropa seperti Real Madrid, Bayern Munchen dan Everton, Rodriguez kini terdampar di Liga Qatar bersama Al-Rayyan SC.

James Rodriguez resmi diperkenalkan di Ahmed bin Ali Stadium, kamis (23/9/2021) malam.

Meski Everton dan Rayyan SC tidak merincikan nominal transfer, berdasarkan laman transfermarkt, Rodriguez diikat dengan nominal transfer 8 juta euro.

Rodriguez akan bersama The Lions (julukan Rayyan SC) hingga Juni tahun 2024 mendatang.

Sejatinya, Rodriguez telah menunjukkan keinginannya hengkang sejak musim panas 2021 lalu. Keinginan tersebut muncul seiring hijrahnya Carlo Ancelotti ke Real Madrid.

Rayyan SC menaruh ketertarikannya kepada Rodriguez, gayung bersambut, top skor piala dunia tahun 2014 ini bersedia untuk melanjutkan karir di Qatar. Pemain yang mengawali karir di Envigado FC ini akan menggunakan kostum dengan nomor punggung 10.

Meski Qatar Stars League menduduki peringkat lima kompetisi terbaik di Asia, keputusan hijrah Rodriguez bisa dikatakan penurunan karir yang drastis bagi Rodriguez yang masih berada di usia produktif seorang pesepakbola.

Awal karirnya di Eropa performa Rodriguez begitu mengkilap selama 11 musim berkarir di kompetisi elit benua biru.

Selama berkostum Porto dia memenangi tiga kali berturut-turut Primeira Liga, termasuk raihan empat trophy atau quadruple Piala Super Portugal, Liga Primeira, Europa League, sampaio Piala Portugal pada tahun 2011.

Selanjutnya, Rodriguez pencetak assist terbanyak bersama As Monaco Ligue 1 sebanyak 13 umpan berbuah gol dan masuk Team of the Season di Ligue 1 musim 2013-2014.

Gemilang bersama As Monaco dan Timnas Kolombia di Piala Dunia 2014, membuat tim asal Spanyol kepincut dengan Rodriguez. Los Blancos berani menebus Rodriguez sebesar 80 juta Euro. 

Bersama Real Madrid, Rodriguez berhasil menyumbang 9 Trophy termasuk dua Liga Champions dan Liga Spanyol. Rodriguez selalu berkontribusi dua digit gol selama tiga musim periode pertama membela Real Madrid.

Dua musim membela FC Bayern Munchen, ia mampu mempersembahkan lima gelar juara bagi FC Hollywood. 

Tulisan ini telah tayang di starbanjar.com oleh Redaksi Starbanjar pada 24 Sep 2021