Inilah Trik Supermarket Agar Anda Berbelanja Lebih Banyak
Gaya Hidup

Jangan Asal Beli! Ini 7 Makanan yang Tidak Boleh Dibeli Saat Diskon

  • Meski berniat hemat, Anda harus berhati-hati jika ingin membeli makanan dengan harga diskon.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Semua orang tentu ingin memiliki dan menerapkan gaya hidup yang hemat apalagi ketika sedang belanja. Akan tetapi, hal itu tentunya tidak mudah, mengingat harga barang-barang saat ini mulai naik dan kemungkinan Anda tergoda saat sedang berbelanja di supermarket.

Anda tentu tidak akan melewatkan dan sering tergoda untuk membeli barang diskon, apalagi jika diskon yang menyangkut soal makanan. Meski begitu, sebaiknya Anda tetap berhati-hati apalagi ketika ingin membeli makanan yang sedang diskon.

Seperti yang dilansir dari laman Eat This, beberapa alasan supermarket menjual barang diskon selain mempromosikan barang baru yaitu untuk membantu mengurangi persediaan dan barang musiman. Supermarket ingin mengurangi limbah makanan dengan menerapkan potongan harga pada barang yang mudah rusak atau hampir kedaluwarsa.

Terlepas dari tujuan tersebut, ada baiknya jika Anda tetap berhati-hati saat membeli makanan berikut ini.

Makanan yang Tidak Boleh Dibeli Saat Diskon

1. Buah atau Sayuran yang Sudah Dipotong Sebelumnya

Jika buah dan sayuran yang sudah dipotong didiskon, kemungkinan besar akan segera habis dan kedaluwarsa. Kecuali jika Anda berencana untuk mengonsumsinya pada hari itu juga, sebaiknya hindari membeli barang tersebut. Anda juga bisa tetap memeriksa kesegarannya apakah masih layak untuk diolah dan dikonsumsi atau tidak.

2. Alpukat

Sulit untuk mengatakan tidak ketika melihat buah alpukat yang dibandrol harga murah. Namun, jika alpukat dijual dengan harga lebih rendah atau diskon, mungkin saja alpukat tersebut sudah terlalu matang. Akan tetapi, jika Anda berencana untuk segera mengonsumsinya hari itu juga, tidak apa-apa ketika Anda tetap membelinya. 

3. Seafood Hasil Budidaya

Seafood liar adalah pilihan makanan yang lebih sehat karena biasanya memiliki lebih sedikit kontaminasi PCB daripada seafood hasil budidaya. Selain itu, seafood liar juga secara signifikan lebih rendah kalori dan lemak jenuh daripada yang dibudidayakan.

4. Kue atau Makanan Manis

Permen dan kue dari toko roti mungkin akan lebih menarik dan menggoda apalagi jika sedang diskon. Akan tetapi, sebaiknya Anda menghindarinya jika bisa. Selain kemungkinan rasanya tidak segar atau basi, kalori dan jumlah gulanya juga tetap sama.

5. Telur

Meski telur adalah makanan pokok yang relatif murah untuk disimpan di lemari es, jika Anda menemukan telur yang dijual dengan harga yang sangat rendah, Anda harus berpikir dua kali. 

6. Susu

Jika Anda mengonsumsi susu, pastikan untuk selalu memeriksa tanggal kedaluwarsa pada kemasan sebelum membeli, apalagi jika Anda membeli dengan harga diskon. 

7. Yoghurt

Mirip dengan susu, Greek yoghurt dan yoghurt biasa dapat rusak dengan mudah. Oleh karena itu, tetaplah untuk berhati-hati ketika menemukan produk yoghurt dalam harga diskon yang cukup besar di rak toko bahan makanan favorit Anda.

Itu tadi beberapa makanan yang sebaiknya tidak dibeli atau tidak dikonsumsi jika sedang diskon.