Benarkah Menggunakan Fingerprint di Ponsel Android Aman?
Gaya Hidup

Jangan Coba-Coba, 6 Hal Ini Tak Boleh Disimpan di Ponsel

  • Inilah beberapa hal yang sebaiknya tidak Anda simpan di ponsel atau smartphone mulai dari sekarang agar Anda terhindar dari risiko pencurian data atau pembobolan rekening.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Ponsel saat ini menjadi barang pribadi yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Tidak mengherankan jika kita kerap menyimpan berbagai catatan di ponsel karena ponsel tidak pernah ketinggalan untuk dibawa ketika kita beraktivitas.

Akan tetapi, kebiasaan itu sebaiknya mulai Anda hentikan. Hal ini karena ada banyak sekali metode yang dimanfaatkan oleh penipu atau hacker untuk melakukan peretasan hingga pencurian data Anda dengan tautan phishing serta malware.

Oleh karena itu, untuk melindungi diri Anda, sebaiknya Anda tidak menyimpan hal-hal berikut ini di smartphone.

Hal-hal yang Tidak Boleh Disimpan di Ponsel atau Smartphone

Berikut beberapa hal yang dilarang untuk disimpan di perangkat Anda.

1. Password

Tidak dapat disangkal Anda tentu kesulitan untuk mengingat semua password atau kata sandi Anda. Akan tetapi, apapun yang terjadi sebaiknya Anda tidak menyimpan semua password Anda di smartphone. Hal ini adalah risiko keamanan pribadi yang cukup serius.

Ketika daftar tersebut hilang atau jatuh ke tangan yang salah, termasuk ketika ponsel Anda hilang, maka data password tersebut bisa dicuri oleh pelaku sehingga dapat memberikan akses penting terhadap berbagai akun Anda.

2. Alamat Rumah

Anda memiliki file di ponsel yang menunjukkan alamat rumah Anda? Ini saatnya untuk segera menyingkirkan catatan tersebut.

Penjahat dapat menggunakan file tersebut untuk melacak Anda. Bahkan, bukan hanya Anda yang ada dalam bahaya, tapi anggota keluarga juga dapat terkena dampaknya.

3. Hindari Simpan Nomor Kontak dengan Nama Lengkap 

Untuk melindungi keamanan pribadi Anda, Anda harus berhenti menyimpan nomor kontak dengan nama lengkap. Selain itu, Anda tidak boleh menyimpan nomor kontak dengan label yang dapat dikenali. Hal ini karena ketika ponsel Anda dicuri, pencuri dapat menyamar sebagai Anda dan mengirim pesan teks yang berbahaya ke semua orang di kontak Anda.

4. Foto KTP atau Kartu Informasi Pribadi Lainnya

Anda tentu sering memanfaatkan smartphone untuk memotret foto KTP Anda yang digunakan untuk keperluan tertentu. Akan tetapi, Anda perlu mengetahui bahwa foto-foto KTP atau informasi pribadi lainnya dapat menimbulkan keamanan pribadi yang serius.

5. Dokumen Sensitif Berisi Informasi Pribadi

Mungkin Anda terbiasa menggunakan ponsel sebagai laptop atau PC. Anda mungkin juga terbiasa untuk mengakses berbagai dokumen sensitif yang berisi informasi pribadi seperti informasi pajak dan sebagainya. Hal ini jika disimpan di ponsel akan berbahaya karena dapat berisiko bocor atau tidak sengaja Anda kirim ke orang lain.

6. Nomor Rekening Bank dan PIN

Sama seperti password, Anda tentu juga kerepotan ketika selalu mengingat PIN bank termasuk rekening. Akan tetapi, jika Anda peduli dengan keamanan pribadi Anda, sebaiknya Anda tidak menyimpan nomor rekening bank dan PIN di smartphone Anda. Jika informasi ini jatuh ke tangan yang salah, hal tersebut akan membahayakan isi rekening Anda.

Itu tadi beberapa hal yang sebaiknya tidak Anda simpan di ponsel atau smartphone mulai dari sekarang agar Anda terhindar dari risiko pencurian data atau pembobolan rekening.