5 Kesalahan Pengelolaan Keuangan di Usia 20-an yang Harus Dihindari
Gaya Hidup

Jangan Ditunda! Ini Cara Terbebas dari Jebakan Utang dengan Cepat

  • Inilah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk segera terbebas dari lilitan utang dalam waktu yang cepat.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Terlilit utang merupakan suatu situasi yang kritis bagi setiap individu. Ketika Anda meminjam dengan suku bunga tinggi dan kemudian dibebani pembayaran dengan bunga, jebakan utang bisa terjadi.

Jebakan utang dapat terjadi pada siapa saja. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara tepat untuk terbebas dari jebakan utang ini.

Cara Terbebas dari Jebakan Utang

1. Bayar Pinjaman Berbunga Tinggi Terlebih Dahulu

Hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah dengan membayar pinjaman berbunga tinggi terlebih dahulu. Kartu kredit dan pinjaman pribadi ada yang membebankan bunga tertinggi, jadi jika Anda memiliki pinjaman seperti itu, cobalah untuk melunasinya terlebih dahulu dan lepaskan beban Anda. Jika Anda menyelesaikan pembayaran pinjaman berbunga tinggi terlebih dahulu, Anda akan merasa lebih mudah untuk menyelesaikan utang lainnya.

2. Jangan Mengambil Pinjaman Baru

Jika Anda terus mengambil pinjaman baru, Anda tidak akan pernah keluar dari jebakan utang tersebut. Mengambil pinjaman untuk melunasi utang yang lain akan selalu membuat Anda dalam kondisi sulit.

Oleh karena itu, langkah terbaik untuk bebas dari utang adalah dengan berhenti  mengambil pinjaman baru. Tidak peduli seberapa menarik tawaran pinjaman tersebut, tahan keinginan itu dan jauhi mengambil pinjaman baru.

3. Batasi Penggunaan Kartu Kredit

Kartu kredit memiliki keuntungan dan kekurangannya sendiri. Penggunaan kartu kredit dengan hati-hati akan banyak membantu Anda dalam mengelola keuangan. Sedangkan penggunaan kartu kredit yang sembrono justru akan menimbulkan masalah bagi Anda.

Membeli apapun dengan kartu kredit mungkin memang terlihat mudah, tapi penderitaan saat menggunakannya adalah ketika Anda kekurangan dana untuk melunasinya. Untuk mencegah hal ini terjadi pada Anda, catat penggunaan kartu kredit Anda dan minimalkan sebanyak mungkin.

4. Coba Tingkatkan Penghasilan

Meningkatkan penghasilan adalah cara terbaik untuk keluar dari jebakan utang lebih cepat. Jika Anda bekerja di perusahaan, cobalah untuk meningkatkan keterampilan untuk mendapatkan promosi, kenaikan gaji, atau beralih ke perusahaan yang membayar lebih untuk posisi Anda saat ini.

Ketika Anda meningkatkan penghasilan Anda, pendapatan Anda tersebut harus digunakan untuk membayar utang, dan Anda harus tetap berpegang pada anggaran sebelumnya yang Anda buat. Hal ini jika dilakukan akan membantu Anda melunasi pinjaman dengan lebih cepat.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk segera terbebas dari lilitan utang dalam waktu yang cepat.