<p>Ilustrasi Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). / Istimewa</p>
Industri

Jangan Kelewat! Ini Daftar Promo E-Commerce pada Harbolnas 12.12

  • Promo tersebut mulai dari gratis ongkos kirim (ongkir), cashback, hingga diskon produk besar-besaran.

Industri
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) secara tahunan diselenggarakan pada 12 Desember dan dikenal dengan istilah 12.12. Pada perayaan pesta belanja daring ini pelaku e-commerce berlomba-lomba menawarkan berbagai promo menarik.

Promo tersebut mulai dari gratis ongkos kirim (ongkir), cashback, hingga diskon produk besar-besaran. Pesta belanja online tahunan ini sebelumnya di awali dengan festival belanja 9.9 pada September, 10.10 pada Oktober, dan 11.11 pada November.

Berikut kumpulan promo-promo dari e-commerce pada Harbolnas 12.12 di tahun ini, dikutip dari Antara:

Shopee

Harbolnas bertepatan dengan perayaan ulang tahun Shopee sehingga mereka menamai promosinya sebagai 12.12 Birthday Sale.

Promosi puncak Harbolnas di Shopee dimulai sejak pukul 00.00 tanggal 12 Desember. Berlaku untuk berbagai kategori produk di platform tersebut, antara lain fesyen, ponsel, produk kecantikan dan alat rumah tangga.

Shopee juga mengadakan promosi khusus Midnight Sale pada pukul 00.00 dan hanya berlangsung selama 12 jam, yaitu Flash Sale 12RB khusus untuk iPhone 11 Pro, Laptop Dell dan Smart TV LG.

Promosi Harbolnas 12.12 yang diadakan Shopee antara lain berupa gratis ongkos kirik hingga Rp120.000, cashback 100% hingga Rp1,2 juta dan checkout Rp100.

Shopee juga mengadakan acara siaran langsung di SCTV, RCTI, Indonesia, MNC TV dan ANTV pada 12 Desember pukul 19.00. Acara ini dimeriahkan dengan penampilan dari Stray Kids, Gisella Anastasia, Anya Geraldine dan NDX AKA.

Tokopedia

E-commerce yang didirkan oleh William Tanuwijaya ini tak ketinggalan mengadakan berbagai tawaran diskon selama periode Harbolnas 12.12. Salah satunya Hari Borong Elektronik Nasional berupa diskon hingga 99% dan cashback hingga Rp350.000 pada 7-12 Desember.

Tokopedia juga mengadakan promosi bersama dengan mitra mereka, seperti Semasa di Tokopedia untuk produk-produk lokal. Pada program ini, konsumen bisa mendapatkan diskon hingga 50% pada 11-13 Desember untuk berbagai merk lokal. Mulai dari pakaian, makanan sampai produk kecantikan.

Selain itu, Tokopedia juga bekerja sama dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk alias BRI dengan mengadakan program diskon untuk pembelanjaan di usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan bank pelat merah tersebut melalui pembayaran dengan debit/kredit BRI.

Tokopedia juga memberikan cashback hingga 90% untuk produk tagihan, khususnya untuk pembelian token atau tagihan PLN serta pembelian pulsa ponsel.

Bukalapak

Pada periode Halubolnas, Bukalapak mengadakan diskon kilat atau flash sale setiap hari mulai 30 November hingga 18 Desember untuk berbagai kategori produk. Termasuk alat elektronik rumah tangga dan kebutuhan sehari-hari.

Khusus untuk produk-produk lokal, terutama UMKM yang masuk program Bangga Buatan Indonesia, Bukalapak mengadakan potongan harga hingga 50% dan gratis ongkos kirim.

Pengguna bisa mengklaim kupon atau voucher diskon untuk produk lokal setelah mengklik banner di halaman muka platform e-commerce bernuansa ungu ini. Halubolnas Bukalapak turut menyediakan cashback hingga Rp5 juta pada periode 10 hingga 12 Desember.

Blibli

Platform belanja Blibli mengadakan promosi diskon harian selama pesta belanja Histeria 12.12. Contohnya produk kecantikan sebesar 10%. Khusus untuk belanja melalui aplikasi, Blibli mengadakan promosi untuk Bliblimart, produk otomotif dan produk tiket dan voucher hingga 31 Desember.

Sebagai acara puncak Histeria 12.12, Blibli mengadakan livestreaming dengan aktor asal Korea Selatan Park Seo Jun pada 11 dan 12 Desember pukul 20.00.

Lazada

Program Lazada 12.12 berlangsung mulai 15 November hingga 12 Desember dan mengadakan potongan harga di berbagai macam kategori produk.

Untuk kategori elektronik, Lazada Indonesia bekerja sama dengn sejumlah merk untuk mengadakan potongan harga di toko resmi masing-masing yang ada di LazMall. Diskon yang ditawarkan hingga 90%.

Lazada juga mengadakan promosi selama tiga hari untuk sejumlah produk seharga Rp12.000 dan gratis ongkos kirim. Untuk perlengkapan rumah, marketplace ini menjanjikan belanja hemat hingga 85% selama periode Harbolnas 12.12.

Selain itu, Lazada juga memiliki game Halubolnas 12.12 yang bisa dimainkan setiap pukul 09.00 dan 21.00 pada 25 November hingga 18 Desember. Permainan ini berhadiah mobil, motor, sepeda Brompton serta uang tunai hingga Rp100 juta.

Zalora

Perayaan Zalora 12.12 Harbolnas berlangsung sejak 1 hingga 17 Desember, namun, puncak penawaran diskon besar-besaran pada 12 Desember.

Zalora menawarkan diskon hingga 90%, kupon diskon tambahan hingga 40%, gratis ongkos kirim dan cashback. Platform belanja ini juga mengadakan game dengan menawarkan hadiah produk fesyen, yang bisa dimainkan di situs dan aplikasi Zalora Indonesia.

Tak hanya itu, Zalora Indonesia juga akan memberikan hadiah berupa ponsel, kamera, motor dan barang-barang bermerk melalui kuis yang diadakan di media sosial.

Bahkan e-commerce ini mengundang artis papan atas Tanah Air seperti Nicholas Saputra serta pasangan Baim Wong dan Paula Verhoeven dalam kegiatan tersebut.

Socialla

Platform e-commerce khusus produk kecantikan satu ini mengadakan promosi khusus untuk merk asal Korea Selatan pada 12.12 Wonder Sale. Promosi yang diberikan antara lain diskon hingga 90% dan gratis ongkir.

Hari Belanja Skincare Nasional di Sociolla berlangsung hingga 13 Desember. Selama program tersebut, Sociolla mengadakan diskon hingga 90%, flash sale seharga Rp1.200 dan kupon diskon tambahan sebesar Rp120.000.

Sementara untuk produk riasan, platform ini memberikan potongan harga hingga 80%, dan juga produk gratis setelah pembelian dengan harga yang ditentukan.

Berrybenka

Sedangkan, platform belanja online untuk produk-produk fesyen Berrybenka mengadakan promosi 12.12 Madness Deal pada 11 hingga 12 Desember, berupa potongan harga 50% pembelanjaan minimal tiga produk.

Platform ini juga mengadakan program kesetiaan pelanggan, Top Spender, berupa kupon belanja senilai total Rp5 juta untuk tiga pemenang. Setiap berbelanja Rp750.000, pengguna Berrybenka berkesempatan mendapat satu kupon undian.

Khusus untuk 12.12, Berrybenka juga memberikan kupon potongan harga 18% tanpa harga pembelian minimal.