Jangan Langsung Beli, Inilah 6 Barang yang Bisa Dipinjam Agar Anda Semakin Hemat
Gaya Hidup

Jangan Langsung Beli, Inilah 6 Barang yang Bisa Dipinjam Agar Anda Semakin Hemat

  • Inilah barang-barang yang seharusnya tidak dibeli, melainkan dipinjam agar Anda semakin hemat.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Saat Anda ingin menghemat dan mengontrol pengeluaran, Anda perlu mengetahui hal-hal yang sebetulnya tidak diperlukan dan tidak perlu dibeli. Benda-benda tersebut biasanya hanya untuk digunakan sesekali saja dan tidak setiap hari Anda gunakan.

Anda bisa meminjam atau menyewa barang-barang tersebut, sehingga membuat Anda semakin hemat. Tak hanya itu, rumah Anda juga tidak semakin penuh hanya karena hanya untuk menyimpan barang-barang yang hanya sesekali digunakan.

1. Hiburan

Hiburan seperti buku, film, kursus tertentu ternyata bisa diakses tanpa harus membeli. Anda bisa meminjam atau membayar biaya keanggotaan perpustakaan yang menyediakan layanan tersebut. Untuk buku, Anda juga bisa memanfaatkan persewaan di dekat rumah Anda, perpustakaan online seperti iPusnas. 

2. Buku Teks

Jika kini Anda sedang berjuang menyelesaikan sekolah, Anda bisa meminjam buku teks yang biasanya tersedia di berbagai perpustakaan. Selain itu, Anda juga bisa meminjamnya lewat online di beberapa perpustakaan yang dapat dibaca dalam format e-book.

3. Kebutuhan Pesta

Jika Anda menjadi tuan rumah pesta setahun sekali, sebaiknya Anda menyewa kursi dan meja lipat saja daripada harus membeli furnitur untuk keperluan pesta. Selain lebih murah, Anda juga tidak perlu menyediakan tempat untuk menyimpan barang-barang keperluan pesta dan tidak membutuhkan usaha untuk merawatnya.

4. Peralatan Olahraga atau Travelling

Sebelum Anda mulai berinvestasi dalam peralatan olahraga yang mahal, sebaiknya Anda mengunjungi toko peralatan olahraga terdekat. Jika Anda ingin mendaki gunung, sebaiknya Anda menyewa keperluan untuk mendaki daripada harus membeli. Hal ini karena Anda tidak akan mendaki gunung setiap hari, sehingga barang-barang tersebut hanya digunakan sesekali saja.

5. Koper

Mungkin ada perasaan ingin membeli koper agar saat dibutuhkan nanti Anda bisa langsung menggunakannya tanpa harus membelinya saat itu juga. Namun, koper tidak akan digunakan setiap hari, kecuali Anda memang sangat sering melakukan perjalanan keluar kota atau keluar negeri. 

Oleh karena itu, saat Anda sedang membutuhkan, cobalah hubungi keluarga, saudara, atau teman terdekat Anda apakah bisa untuk meminjam koper untuk Anda gunakan. Jangan lupa juga berikan suvenir kepada mereka yang meminjamkan koper Anda saat Anda mengembalikannya.

6. Pakaian Resmi

Jika Anda mendapat undangan untuk menghadiri acara yang resmi, mungkin Anda berpikir untuk memiliki satu set tuksedo atau gaun pesta yang mewah untuk menghadiri acara tersebut. Namun, hal itu ternyata tidak perlu Anda lakukan. 

Pakaian resmi biasanya dibanderol harga yang mahal, serta dibutuhkan perawatan yang ekstra untuk merawat pakaian tersebut. Solusi mudahnya adalah hubungi jasa penyewaan gaun atau tuksedo. Selain lebih hemat, Anda juga tidak perlu pusing memikirkan proses merawatnya.