5 Kesalahan Pengelolaan Keuangan di Usia 20-an yang Harus Dihindari
Gaya Hidup

Jangan Langsung Dihabiskan! Begini Cara Memanfaatkan THR untuk Investasi

  • Inilah beberapa rekomendasi instrumen investasi yang bisa Anda coba menggunakan uang THR.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Tunjangan Hari Raya atau THR adalah salah satu hal yang sering ditunggu-tunggu menjelang lebaran atau Hari Raya Idul Fitri. THR sendiri adalah sebuah tunjangan yang biasanya diberikan oleh suatu perusahaan kepada karyawannya menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Pada umumnya, besaran nilai THR yang diberikan kepada karyawan juga akan berbeda, tergantung berdasarkan kebijakan perusahaan serta tingkat kepegawaian masing-masing karyawan.

Pada umumnya, setelah menerima uang THR, banyak orang yang menggunakannya untuk berbelanja berbagai barang. Mulai dari belanja barang-barang yang jadi wishlist selama ini, barang kebutuhan, persiapan lebaran, baju baru, dan sebagainya.

Namun, jika uang THR tidak dikelola dengan cermat, bisa jadi akan habis atau ludes begitu saja tanpa tersisa. Padahal, momen THR ini sangat bisa dimanfaatkan untuk membangun tabungan atau investasi yang menguntungkan.

Bagi Anda yang ingin memanfaatkan THR untuk berinvestasi, simak beberapa rekomendasi instrumen investasi berikut ini.

Rekomendasi Instrumen Investasi untuk Memanfaatkan Uang THR

Rekomendasi Instrumen Investasi untuk Memanfaatkan Uang THR

1. Reksa dana

Reksa dana adalah instrumen investasi yang cocok dipilih apalagi bagi Anda yang masih belum memahami soal investasi. Seperti yang dilansir dari laman resmi OJK, skema investasi reksa dana ini akan melibatkan Manajer Investasi (MI) yang akan mengatur ke mana uang Anda akan diinvestasikan. Selain itu, risiko investasi di reksa dana juga lebih rendah.

2. Deposito

Deposito adalah salah satu instrumen investasi dengan risiko rendah yang bisa Anda pilih selain reksa dana. Deposito memiliki kelebihan yaitu tingkat suku bunga bank yang diberikan akan lebih besar daripada produk tabungan biasa. 

3. Emas atau logam mulia

Emas atau logam mulia adalah salah satu alternatif instrumen investasi yang cukup digemari banyak orang. Hal ini karena emas adalah salah satu pilihan investasi yang cenderung lebih aman dan menguntungkan untuk jangka panjang.

Itu tadi beberapa rekomendasi instrumen investasi yang bisa Anda coba menggunakan uang THR.