6 Hal yang Harus Dilakukan Saat Ponsel Anda Hilang atau Dicuri
Tekno

Jangan Lengah! Simak Cara Menjaga Data Pribadi di iPhone Agar Tetap Aman dari Ancaman Hacker

  • Cara melindungi data yang ada di iPhone agar Anda tetap aman dari ancaman hacker atau peretas.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Di era digital seperti saat ini, salah satu aset termahal yang kita miliki adalah data, termasuk data pribadi. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu melindungi data yang disimpan di perangkat digital kita. Hal ini karena ada peretas atau hacker yang siap mencuri data Anda kapan saja.

Jika Anda memiliki perangkat iPhone, Anda mungkin berpikir bahwa data Anda tidak mungkin diretas oleh hacker atau peretas. Namun, ternyata anggapan itu bisa jadi salah besar.

Ada berbagai kasus di mana pencuri mencuri iPhone dan meretas data pengguna untuk memperoleh semua uang tunai dari kartu kredit, aplikasi bank, dan lainnya, atas nama pemilik ponsel. Oleh karena itu, ini saatnya Anda harus mulai mengambil tindakan pencegahan sebelum sesuatu yang buruk terjadi.

Cara Melindungi Data Pribadi di iPhone

Cara melindungi data pribadi yang tersimpan di iPhone

Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk melindungi data Anda di iPhone.

Gunakan Passcode yang Kuat

Jika Anda adalah seseorang yang lebih menyukai menggunakan passcode yang sederhana, sayang sekali hal ini harus segera dihentikan karena dapat membahayakan data Anda di ponsel. Oleh karena itu, pilihlah setidaknya passcode dengan enam digit dan pertimbangkan untuk menambahkan huruf dan karakter khusus untuk meningkatkan kerumitan passcode Anda.

Gunakan Biometric Security

Fitur keamanan biometric di iPhone seperti FaceID dan Touch ID bisa Anda manfaatkan untuk mengamankan informasi pribadi Anda di ponsel. Hal ini karena fitur biometric tidak dapat dipecahkan dengan mudah bahkan menggagalkan upaya peretas untuk meretas ponsel Anda.

Selain itu, hal ini tetap memerlukan passcode jika seseorang nekat me-restart iPhone Anda. Selain itu, lebih aman jika Anda menggunakan fitur biometric ini ketika Anda berada di tempat umum.

Gunakan Perlindungan Tambahan

Jangan pernah lupa untuk menggunakan perlindungan tambahan, apalagi pada aplikasi perbankan. Sebagian besar aplikasi perbankan dan transaksi memiliki passcode tambahan untuk memberikan lapisan keamanan tambahan. Oleh karena itu, pastikan passcode untuk aplikasi perbankan ini berbeda dengan passcode iPhone Anda.

Bertindak Cerdas Saat iPhone Dicuri

Jika iPhone Anda dicuri, maka Anda harus segera bertindak. Caranya adalah dengan segera masuk ke iCloud.com dari perangkat lain untuk menghapus ponsel Anda dari jarak jauh menggunakan fitur Find Devices.

Setelah itu, hubungi operator seluler Anda untuk menonaktifkan kartu SIM ponsel yang dicuri untuk mencegah pencuri memperoleh kode verifikasi. Segera perbarui password dan cabut akses dari perangkat yang dicuri pada akun sensitif lainnya seperti Google.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan mempersulit peretas atau pencuri untuk mengambil informasi atau data pribadi Anda. Anda juga harus selalu waspada dan proaktif dalam menjaga informasi pribadi Anda.

Itu tadi penjelasan mengenai cara melindungi data yang ada di iPhone agar Anda tetap aman dari ancaman hacker atau peretas.