<p>Layanan mobile banking BCA. / Facebook @BankBCA</p>
Nasional & Dunia

Jangan Lupa, Aktivasi PIN Kartu Kredit Sebelum 1 Juli 2020

  • JAKARTA – Bank Indonesia (BI) mewajibkan seluruh pemegang kartu kredit untuk menggunakan PIN saat bertransaksi mulai 1 Juli 2020. Kebijakan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Bank Indonesia No. 16/25/DKSP tanggal 31 Desember 2014. PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) sebagai bagian dari sistem keuangan nasional, mendukung aturan tersebut sebagai upaya memberikan keamanan dan kenyamanan dalam […]

Nasional & Dunia
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

JAKARTA – Bank Indonesia (BI) mewajibkan seluruh pemegang kartu kredit untuk menggunakan PIN saat bertransaksi mulai 1 Juli 2020. Kebijakan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Bank Indonesia No. 16/25/DKSP tanggal 31 Desember 2014.

PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) sebagai bagian dari sistem keuangan nasional, mendukung aturan tersebut sebagai upaya memberikan keamanan dan kenyamanan dalam transaksi finansial menggunakan kartu kredit.

Executive Vice President of Transaction Banking Business Development BCA I Ketut Alam Wangsawijaya mengungkapkan, pihaknya telah aktif memberikan sosialisasi kepada nasabah sejak beberapa waktu yang lalu.

“BCA secara aktif memberikan sosialisasi kepada nasabah pemegang kartu kredit untuk mengaktifkan PIN sebelum tanggal 1 Juli 2020,” ungkapnya dalam siaran tertulis yang dikutip TrenAsia.com, Selasa, 23 Juni 2020.

Sosialisasi tersebut, lanjut Ketut, dilakukan secara masif melalui beragam kanal, meliputi laman resmi BCA, surel, media sosial, dan sebagainya.

Ketut memaparkan, hingga Mei 2020, sebanyak 84% nasabah sudah mengaktivasi PIN dalam bertransaksi menggunakan kartu kredit. Ia pun mengimbau kepada nasabah lainnya agar segera mengaktivasi PIN kartu kredit.

“Bagi nasabah pemegang kartu kredit BCA yang belum mengaktifkan PIN, kami harapkan segera mengaktivasi sebelum 1 Juli 2020. Hal ini penting, karena transaksi kartu kredit yang menggunakan tanda tangan akan ditolak,” kata Ketut. Oleh karena itu, lanjutnya, nasabah dapat memanfaatkan waktu sebelum tenggat.

Ia menyampaikan, secara umum ada tiga cara untuk mengaktifkan PIN kartu kredit. Pertama, melalui BCA Mobile dengan memilih fitur mAdmin, dilanjutkan dengan memilih aktivasi kartu kredit. Nasabah akan diminta untuk mengubah membuat/mengubah PIN, lalu memasukkan nomor PIN yang dikehendaki.

Kedua, melalui laman www.bca.co.id/creditcard dengan mengisi form verifikasi data di http://e.form.klikbca.com/fasilitasonlinecc/. Setelah memilih Proses, dilanjutkan Aktivasi PIN dan memilih kartu yang akan diaktivasi. Kemudian nasabah diminta untuk memasukkan 6 digit Kode Otentikasi yang diterima melalui SMS, lalu tekan Proses. Setelah berhasil, nasabah akan mendapatlan SMS pemberitahuan.

Ketiga, melalui ATM BCA, yakni dengan memasukkan Kode Otentikasi yang dikirim via SMS. Adapun langkah awal yaitu dengan memasukkan kartu kredit, memilih Aktivasi PIN, memasukkan 6 digit Kode Otentikasi, pilih benar, dan melanjutkan dengan memasukkan kembali 6 digit PIN tersebut. Selanjutnya, pemberitahuan berhasil akan dikirimkan melalui SMS.