<p>Ilustrasi fitur baru Gmail yang bisa menghindari Anda berbagi informasi rahasia secara tidak sengaja</p>
Tekno

Jangan Sampai Dihack! Ini Cara Lindungi Akun Gmail dengan Google Authenticator

  • Inilah cara menggunakan aplikasi Google Authenticator untuk melindungi akun Gmail dari peretasan atau hack. Selamat mencoba.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Gmail adalah salah satu layanan dari Google yang memudahkan kita semua untuk saling berkomunikasi. Namun, dengan meningkatnya kejahatan di dunia maya dan peretasan, maka ada baiknya jika Anda mulai secara aktif melindungi akun online Anda, termasuk akun Gmail.

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk menambahkan lapisan keamanan pada akun Anda dari pencurian kata sandi atau password adalah dengan menggunakan aplikasi Google Authenticator.

Jangan khawatir, aplikasi Google Authenticator dari Google ini adalah aplikasi gratis yang dikembangkan dan dikeluarkan oleh Google. Aplikasi Google Authenticator juga tersedia di Android dan iOS. 

Aplikasi Google Authenticator mudah digunakan bahkan Anda tidak perlu menjadi seorang yang paham teknologi untuk menggunakannya. Selain itu, aplikasi Google Authenticator dapat digunakan untuk berbagai aplikasi termasuk Gmail, Facebook, Instagram, Twitter dan lainnya.

Cara Kerja Google Authenticator

Cara Kerja Google Authenticator

Google Authenticator akan menghasilkan kode acak yang digunakan untuk memverifikasi bahwa yang masuk akun adalah Anda. Kode acak ini akan Anda dapatkan di aplikasi Google Authenticator sesuai akun Gmail yang ingin Anda akses atau ingin Anda buka.

Cara Menggunakan Aplikasi Google Authenticator

Cara Menggunakan Aplikasi Google Authenticator
  1. Pertama, unduh aplikasi tersebut dari Play Store atau App Store.
  2. Untuk menggunakannya, pertama, buka akun Google lalu buka menu 'Security and Sign-in' lalu pilih 'Two-Step Verification'.
  3. Scroll ke bawah dan pilih opsi Aplikasi Authenticator.
  4. Pilih ponsel yang Anda gunakan, lalu buka aplikasi Google Authenticator dan ketuk ikon ‘+’
  5. Di bagian bawah, Anda bisa memilih ‘Scan Barcode’ dan ‘Manual Entry’. Kemudian, pilih metode untuk menyelesaikan proses verifikasi.
  6. Terakhir, aktifkan opsi ‘Time-based’.

Itu tadi cara menggunakan aplikasi Google Authenticator untuk melindungi akun Gmail dari peretasan atau hack. Selamat mencoba.