<p>Foto aerial suasana banjir yang merendam di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu, 20 Februari 2021. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia</p>
Gaya Hidup

Jangan Sembarangan, Ini Cara Tepat Membersihkan Rumah Usai Banjir

  • Inilah beberapa cara membersihkan rumah setelah terkena banjir.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Akhir-akhir ini beberapa wilayah di Indonesia mulai sering diguyur hujan dalam waktu yang lama. Kondisi tersebut menimbulkan beberapa wilayah mengalami masalah banjir

Namun, membersihkan rumah setelah banjir tentu harus dilakukan dengan hati-hati. Prioritas pertama adalah keselamatan Anda. Meskipun Anda memang sangat ingin untuk mulai membersihkan, Anda tetap perlu melindungi diri dari potensi bahaya. Air mungkin mengandung limbah atau kontaminan lain yang berbahaya.

Berikut cara tepat membersihkan rumah usai terkena banjir.

Matikan Utilitas Sebelum Membersihkan

Setelah terkena banjir, Anda mungkin masih melihat ada genangan di rumah. Oleh karena itu, Anda perlu mematikan listrik dan gas sebelum membersihkan rumah.

Jika air berada di area dengan peralatan bertenaga gas seperti tungku atau pemanas air, segera hubungi petugas perusahaan gas untuk mematikan gas. 

Pakai Alat Pelindung

Untuk membersihkan rumah, selalu pakai alat pelindung diri seperti celana panjang, baju lengan panjang, dan sarung tangan untuk menghindari Anda menyentuh jamur atau zat-zat yang dapat mengiritasi kulit. Anda juga perlu memakai sepatu bot karet untuk membantu menghindari terkena benda tajam dan menjaga kaki tetap kering.

Buang Air Banjir yang Tersisa

Setelah terkena banjir, penting untuk segera membuang air yang tersisa secepat mungkin. Anda bisa menggunakan ember atau wadah lainnya untuk mengeluarkan air. Jika tersisa sedikit, Anda bisa menggunakan sekop lumpur untuk membantu menguras air.

Rumah juga perlu dikeringkan dari dalam ke luar. Anda perlu melepaskan penutup dinding seperti panel dan wallpaper hingga setidaknya garis air tertinggi yang terlihat.

Buang Peralatan yang Terkena Air Banjir

Jika ada sesuatu yang terendam air banjir dan tidak bisa dibersihkan, maka benda tersebut harus segera dibuang. Air banjir dapat membawa air selokan yang terkontaminasi dan barang yang terendam air selama lebih dari 48 jam akan membuat jamur menjadi tumbuh. 

Gunakan Kipas Angin

Banjir dapat mencemari udara di rumah atau apartemen, membawa kuman, serangga, atau hama lainnya ke dalam rumah.

Selama proses pembersihan rumah, nyalakan kipas angin dan ventilator dapur dan kamar mandi untuk menjaga udara tetap bergerak serta mencegah pertumbuhan jamur. Pasang kipas di jendela karena dapat membantu mengeluarkan kotoran, debu, dan spora jamur.

Itu tadi beberapa cara membersihkan rumah setelah terkena banjir. Jika Anda kesulitan untuk melakukannya, Anda bisa mencoba menghubungi petugas jasa kebersihan yang memberikan layanan membersihkan rumah usai terkena banjir.