<p>Inilah cara atau langkah-langkah yang harus dilakukan untuk melindungi anak-anak agar terhindar dari COVID-19/Freepik.com</p>
Gaya Hidup

Jangan Sembarangan, Inilah Tips Pemakaian Masker pada Anak

  • COVID-19 juga bisa menyerang anak-anak. Inilah tips pemakaian masker pada anak yang perlu Anda ketahui.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Virus COVID-19 varian Delta beberapa bulan lalu menjadi penyebab dari peningkatan kasus COVID-19. Bahkan, COVID-19 juga bisa menyerang anak-anak. Oleh karena itu, anak-anak perlu diberi perlindungan seperti masker agar tidak terkena COVID-19. Apalagi, anak-anak juga belum bisa diberi vaksin COVID-19.

Penggunaan masker juga termasuk dalam protokol kesehatan yang harus dilakukan dalam rangka mencegah penularan virus COVID-19. Maka, agar penggunaan masker bisa berfungsi secara efektif maka harus dilakukan dengan benar sesuai kebutuhan masing-masing.

Saat ini, penggunaan masker yang disarankan adalah sebanyak dua lapis. Lapisan masker yang pertama adalah masker medis, kemudian dilapisi lagi menggunakan masker kain. Hal ini bertujuan untuk mencegah droplet yang keluar dan masuk dari dan ke saluran pernapasan.

Orang dewasa tentu mudah dan terbiasa untuk menggunakan masker. Akan tetapi, anak-anak biasanya masih kesulitan dan tidak biasa menggunakan masker.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui bagaimana pemakaian masker pada anak sesuai dengan rekomendasi WHO dan Unicef seperti berikut ini.

1. Anak Berusia di Bawah Lima Tahun

Anak yang berusia di bawah lima tahun tidak diwajibkan untuk mengenakan masker. Anjuran ini dibuat demi keselamatan anak-anak dan fakta bahwa setiap anak boleh jadi mencapai tahap perkembangan pada usia yang berbeda.

2. Anak Usia 6 Sampai 11 Tahun

Anak-anak yang berada di usia 6 sampai 11 tahun dapat mengenakan masker berdasarkan tingkat risiko. Faktor risiko yang dimaksud termasuk penularan lokal, kemampuan anak untuk mematuhi aturan, kehadiran orang dewasa serta pertimbangan lain seperti kondisi disabilitas atau penyakit bawaan.

3. Anak Usia 12 Tahun ke Atas

Anak usia 12 tahun ke atas dianggap telah mengerti aturan menggunakan masker. Oleh karena itu, anak usia 12 tahun dapat diminta untuk mengikuti aturan mengenakan masker yang sama dengan yang berlaku untuk orang dewasa.

Anda juga perlu lebih sabar dalam mengajari anak untuk menggunakan masker. Oleh karenanya, anak-anak perlu sering diingatkan dan diajak memakai masker secara konsisten. Sampaikan juga kepada anak bahwa penggunaan masker harus dibarengi dengan 4M langkah pencegahan lain seperti mencuci tangan, menjaga jarak fisik, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas untuk melindungi diri sendiri maupun orang lain.