Cara Mengelola Keuangan Bagi Keluarga Berpenghasilan Tunggal
Gaya Hidup

Jangan Terburu-Buru! Ini 3 Kriteria Anda Dilarang Melakukan Investasi

  • Inilah beberapa kriteria yang membuat Anda dilarang melakukan investasi.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Anak muda tentu saat ini sudah tidak asing lagi dengan investasi. Investasi dapat dilakukan untuk membangun kekayaan agar Anda bisa meraih tujuan keuangan.

Namun, Anda perlu mengetahui bahwa tidak semua orang cocok untuk melakukan investasi. Ada beberapa kriteria yang membuat seseorang tidak bisa atau justru dilarang melakukan investasi.

Berikut beberapa kriteria yang menunjukkan bahwa Anda dilarang melakukan kegiatan investasi.

Kesulitan untuk Mengatur dan Mengelola Keuangan

Jika Anda masih kesulitan untuk mengelola keuangan sehari-hari, itu artinya Anda masih belum siap berinvestasi. Ketika Anda masih kesulitan mengatur pengeluaran, mungkin Anda masih belum mempersiapkan dana darurat, dana untuk tagihan sehari-hari, serta tabungan. 

Kondisi tersebut tentu tidak akan memungkinkan Anda untuk melakukan investasi. Oleh karena itu, jika Anda ingin segera melakukan investasi, sebaiknya segeralah untuk merapikan catatan pengeluaran dan pemasukan selama ini, kemudian cobalah untuk membaginya ke dalam pos-pos pengeluaran tertentu seperti dana untuk tagihan, dana darurat, dan sebagainya.

Tidak Bersedia Belajar Instrumen Investasi

Ada berbagai macam instrumen investasi yang tersedia. Semua hal itu tentu tidak akan Anda pahami jika Anda tidak berusaha untuk mempelajarinya, karena tidak ada orang yang akan mengajari hal tersebut kepada Anda. 

Selain itu, jika Anda tidak belajar mengenai hal-hal yang berkaitan tentang investasi, Anda bisa rawan terjebak penipuan atau membuat keputusan investasi yang salah atau tidak tepat.

Berinvestasi Melalui Utang

Anda mungkin tergiur untuk mendapatkan return yang tinggi, tapi kondisi keuangan justru masih belum mencukupi. Jika kondisi keuangan Anda masih tidak memungkinkan untuk berinvestasi, maka fokuslah untuk tetap mengatur keuangan dengan baik.

Hindari berutang demi berinvestasi untuk mendapatkan keuntungan yang banyak. Hal ini karena idealnya investasi seharusnya menggunakan uang pribadi dan dana dingin yang tidak akan terpakai dalam jangka waktu dekat.

Itu tadi beberapa kriteria yang membuat Anda dilarang melakukan investasi.