Jangan Terburu-Buru! Inilah yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Pensiun Dini Agar Tidak Jatuh Miskin
Gaya Hidup

Jangan Terburu-buru! Ini Pertimbangan Sebelum Pensiun Dini Agar Tak Jatuh Miskin

  • Inilah beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum melakukan pensiun dini.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Pensiun merupakan salah satu topik yang perlu untuk Anda pikirkan. Dengan memikirkan pensiun dan strategi menghadapinya sejak muda, Anda akan lebih fokus saat mencari uang dan membangun karier untuk meraih tujuan keuangan Anda.

Beberapa orang mungkin juga telah mempertimbangkan untuk melakukan pensiun dini. Namun, kenyataan meninggalkan pekerjaan lebih awal mungkin bisa jauh berbeda dari yang diharapkan.

Pensiun dini memang bukan hal yang bisa dilakukan oleh semua orang. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda mempertimbangkan beberapa hal sebagai berikut ini sebelum memutuskan pensiun dini.

5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Pensiun Dini

1. Cari Tahu Apa yang Ingin Anda Lakukan Selama Masa Pensiun

Seperti yang dilansir dari laman Business Insider, selama bertahun-tahun Anda bekerja, tentunya Anda memiliki kebiasaan melakukan berbagai aktivitas sepanjang hari yang membuat Anda jadi sibuk. Ketika Anda pensiun dini, Anda mungkin tidak akan melakukan berbagai hal yang sebelumnya Anda lakukan seperti bekerja di kantor.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kegiatan apa yang akan Anda lakukan selama masa pensiun. Masa pensiun bisa Anda isi dengan melakukan berbagai hal yang mungkin telah Anda tunda selama bertahun-tahun.

2. Hubungan Antar Teman-Teman Kerja Akan Berkurang

Jika Anda mengambil pensiun seperti biasa, mungkin Anda juga akan memiliki rekan atau teman kerja yang pensiun bersamaan dengan Anda. Hal ini mungkin akan memudahkan Anda untuk mengadakan sesi kumpul bersama atau menghabiskan waktu bersama mereka.

Namun, ketika Anda memutuskan untuk melakukan pensiun dini, Anda perlu mengetahui bahwa Anda mungkin akan mengalami berkurangnya interaksi sosial karena teman sebaya masih bekerja. Meski Anda mungkin punya waktu untuk bermain golf atau pergi berlibur ke pantai, teman Anda yang bekerja dari jam 9 sampai jam 5 sore tidak memiliki kemewahan tersebut.

3. Bersikap Realistis

Pada awal-awal masa pensiun dini, ketika Anda masih muda dan lebih sehat serta memiliki banyak waktu luang, Anda mungkin tergoda untuk membelanjakan uang lebih banyak daripada yang Anda lakukan sebelum pensiun. Selain itu, tanpa memiliki pekerjaan yang harus dilakukan, Anda mungkin harus terus menerus mencari aktivitas baru yang biasanya justru mengeluarkan biaya.

Beberapa pengeluaran lain mungkin juga masih harus Anda miliki daripada orang yang pensiun biasanya seperti pembayaran rumah, biaya perawatan anak, dan pembayaran utang. Oleh karena itu, untuk mempersiapkan semua pengeluaran ini, penting untuk membuat anggaran dan struktur di mana Anda dapat membayar sendiri.

4. Biaya Pengobatan Tidak terduga atau Kebutuhan Masa Depan

Tidak dapat dipungkiri bahwa biaya pengobatan akan menjadi salah satu pengeluaran terbesar selama masa pensiun. Meskipun hampir tidak mungkin untuk merencanakan biaya pengobatan yang tepat, penting untuk menyisihkan uang tunai yang besar untuk kebutuhan ini. Saat Anda menganalisis berapa banyak dana yang harus disisihkan, pertimbangkan faktor-faktor seperti di mana Anda berencana untuk pensiun, seberapa sehat Anda, dan perkiraan harapan hidup Anda.

Tidak hanya itu, hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah kenyataan bahwa biaya perawatan kesehatan meningkat setiap tahun karena inflasi dan faktor lainnya. Oleh karena itu, untuk merencanakan pengeluaran ini, Anda harus mempertimbangkan setidaknya kenaikan tahunan 4-5% untuk pengeluaran perawatan kesehatan selama masa pensiun. 

5. Buat Penghasilan Pasif

Peningkatan pelayanan kesehatan dan teknologi membuat banyak orang hidup lebih lama. Risiko terbesar untuk pensiun yang sukses adalah uang Anda akan habis pada suatu saat dengan lebih cepat.

Oleh karena itu, jika Anda tidak yakin apakah Anda akan memiliki cukup uang untuk mempertahankan kebutuhan Anda selama masa pensiun, mungkin ada baiknya jika Anda sekarang mulai mempertimbangkan menciptakan beberapa aliran pendapatan pasif selama tahun-tahun awal masa pensiun Anda. 

Itu tadi beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum melakukan pensiun dini. Persiapan sejak dini perlu Anda lakukan untuk bersiap pensiun muda agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ketika Anda sudah pensiun dan tidak lagi memiliki pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidup.