<p>Cara membersihkan furnitur yang dilapisi kain beludru atau velvet/freepik.com</p>
Gaya Hidup

Jangan Tertipu! Begini Cara Menemukan Perabotan Berkualitas Buruk

  • Inilah beberapa cara menemukan furnitur berkualitas buruk agar Anda tidak terjebak.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Sebelum menghabiskan banyak uang untuk membeli tempat tidur, perabot, atau meja untuk rumah Anda, Anda perlu mengetahui bagaimana mengidentifikasi perabotan yang berkualitas buruk. Memiliki perabotan berkualitas baik ternyata dapat membuat Anda lebih hemat dan tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak hanya untuk barang yang buruk.

Untuk mencegah membeli perabotan berkualitas buruk, Anda perlu mengetahui cara mudah menemukan atau mengidentifikasinya berikut ini.

Cara Menemukan Perabotan Berkualitas Buruk

Cara Menemukan Perabotan Berkualitas Buruk

1. Periksa pernis kayu

Veneer atau pernis adalah lapisan luar tipis dari kayu biasanya setebal 3 mm yang digunakan untuk melapisi kayu berkualitas rendah dan memberikan tampilan yang lebih menarik pada furnitur. Namun, furnitur kayu yang memiliki veneer ternyata justru kurang tahan lama dan lebih rentan rusak.

2. Periksa sendi

Sambungan pada furnitur yang direkatkan, dijepit, atau hanya dipaku bisa jadi merupakan indikator pengerjaan furnitur yang buruk. Hal ini karena sambungan furnitur yang terbaik adalah teknik doweled atau dovetailed di mana melibatkan pemasangan potongan kayu yang berbeda secara mulus sehingga kayu bisa menyatu dengan sempurna.

3. Pastikan tidak goyah

Semua orang tentu tidak ingin kursi mereka goyang. Oleh karena itu, pastikan untuk mencoba furnitur sebelum memutuskan untuk membelinya.

4. Periksa kepadatan busa

Jika Anda membeli furnitur berlapis, penting untuk memeriksa isian busa sebelum membeli. Anda bisa memeriksanya dengan membuka ritsleting penutup luar dan pastikan busa di bagian dalam dilapisi dengans erat yang bagus dan tebal agar tidak rusak.

5. Periksa hasil akhir

Hal ini sangat penting pada furnitur meja, karena umumnya lebih tahan lama daripada perabot lainnya. Cara mudah untuk memeriksa hasil akhir suatu karya adalah dengan menggambar garis pada permukaan meja dengan kuku. Jika ada garis yang muncul, maka finishingnya tidak sesuai.

Itu tadi beberapa cara menemukan furnitur berkualitas buruk agar Anda tidak terjebak.