<p>Perusahaan kurir domestik PCP Express berkolaborasi dengan Janio Asia memberikan layanan logistik di Indonesia.<br />
Pada tahap awal, pelayanan akan diberikan di zona 1 dan zona 2, mencakup 13 kota besar, seperti Jabodetabek, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Lampung dan Denpasar. / Istimewa</p>
Industri

Janio dan PCP Express Kolaborasi Dorong UMKM Ekspansi ke Pasar Asia

  • Perusahaan kurir domestik PCP Express berkolaborasi dengan Janio Asia memberikan layanan logistik di Indonesia.

Industri
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

JAKARTA – Perusahaan kurir domestik PCP Express berkolaborasi dengan Janio Asia memberikan layanan logistik di Indonesia.

Pada tahap awal, pelayanan akan diberikan di zona 1 dan zona 2, mencakup 13 kota besar, seperti Jabodetabek, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Lampung dan Denpasar.

Layanan yang diberikan, meliputi pengiriman antar negara, cash on delivery (COD), pengurusan bea cukai, manajemen kurir, pusat distribusi regional dan partnership management.

Saat ini jaringan Janio sendiri mencakup 75 rute perdagangan di 15 negara. Sementara itu, PCP Express yang didirikan sejak 1999 silam, operasionalnya telah menjangkau 500 perusahaan di 200 lokasi layanan penjemputan di seluruh Indonesia.

“Kerja sama ini diharapkan dapat membantu mitra usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam memperluas bisnisnya di pasar Asia Tenggara,” ujar CEO PCP Express Dennis Soemarno dalam siaran pers, Selasa, 20 Oktober 2020.

Menurutnya, pertumbuhan pesat e-commerce di Singapura dan Malaysia akan mendorong ekspansi ekspor mitra usaha.

E-Commerce

Berdasarkan laporan terbaru Facebook dan Bain & Company, pada tahun 2024 transaksi e-commerce di Singapura bisa mencapai US$3,9 miliar. Sementara itu, Malaysia juga menembus US$4,3 miliar pada akhir 2020, dan bakal meningkat menjadi US$5,9 miliar pada 2024.

Secara keseluruhan, nilai transaksi gross merchandise value (GMV) e-commerce di Asia Tenggara diperkirakan mencapai US$38 miliar sepanjang 2020. Nilai ini dianggap masih bisa tumbuh 39% menjadi US$153 miliar pada 2025.

Potensi tersebut dimanfaatkan oleh PCP Express untuk memberdayakan pelaku UMKM sehingga brand awareness mereka meningkat.

Indonesia sendiri tercatat sebagai 10 besar negara penghasil ekspor produk tekstil dan garmen senilai US$12,4 miliar pada 2017, sedangkan produk kosmetik lokal dengan konsep halal berpotensi menembus US$90 miliar pada tahun 2023.

Dengan memanfaatkan platform Janio, tambah Dennis, ia yakin kolaborasi ini dapat membuka peluang baru bagi mitra usaha. Terhitung sejak Oktober 2020, platform logistik Janio melalui semua cabang PCP Express, telah melayani pengiriman produk ke pasar global. (SKO)