<p>Suasana karyawan bekerja di kantor Bank Mandiri, Jakarta, Senin, 14 September 2020. Bank Mandiri menyesuaikan kantor cabang operasional di Wilayah DKI Jakarta menyusul Kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara penuh untuk mengerem laju penambahan kasus Covid-19. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Gaya Hidup

Jarang Diketahui, Ini 5 Cara Bekerja Cerdas Bukan Hanya Kerja Keras

  • Inilah cara bekerja cerdas agar pekerjaan Anda menjadi lebih efektif dan efisien sehingga tidak banyak energi yang terbuang sia-sia. Selamat mencoba.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Baik dalam hal pekerjaan atau kehidupan sehari-hari, kebanyakan dari kita justru berusaha ingin mencapai lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat. Ini artinya Anda bisa bekerja lebih efektif dan efisien untuk memaksimalkan waktu dan sumber daya yang ada agar bisa memperoleh hasil yang maksimal.

Hal ini membutuhkan kerja secara cerdas, bukan hanya kerja cerdas. Jika Anda ingin bekerja cerdas, ikuti tips berikut ini.

Cara Bekerja Cerdas Bukan Hanya Kerja Keras

Cara Bekerja Cerdas Bukan Hanya Kerja Keras

1. Delegasikan tugas

Tidak semua orang mampu melakukan delegasi kepada orang lain. Padahal menguasai seni delegasi adalah keterampilan yang penting.

Akan tetapi, jika Anda adalah orang yang suka mengontrol, perfeksionis, atau micromanager, mungkin hal ini bisa terasa sulit. Kuncinya adalah memahami bahwa kemampuan mendelegasikan akan membuat Anda jadi lebih produktif

2. Fokus pada tugas yang berdampak tinggi

Anda mungkin sudah terbiasa memiliki daftar tugas dan hal ini telah berjalan lama. Daripada mencoba menyelesaikan semuanya satu per satu, lebih baik Anda fokus terhadap tugas yang memiliki dampak tinggi atau memiliki dampak jangka panjang terbesar.

3. Tahu kapan harus berhenti

Meski hal ini mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, penting untk mengetahui kapan Anda harus berhenti dan beristirahat. Dengan berhenti sejenak, Anda akan bisa mendapatkan hasil yang lebih banyak dalam jangka panjang.

4. Breakdown tugas Anda

Memulai hari dengan daftar tugas yang banyak dan tidak realistis mungkin akan membuat Anda takut dan malas untuk mengerjakan. Oleh karena itu, lebih baik bagilah setiap tugas menjadi lebih kecil sehingga tidak terlalu mengintimidasi dan lebih mudah dicapai.

Mulailah dengan tugas paling penting dan batasi daftar tugas menjadi tiga sampai lima poin. Dengan begitu, Anda mungkin akan menyelesaikan tugas lebih banyak.

5. Atur lingkungan Anda

Cara lain untuk bekerja dengan cerdas adalah meminimalisir gangguan. Jika Anda sering terganggu dan lebih asyik bermain ponsel, lebih baik sembunyikan ponsel tersebut. Anda juga bisa menggunakan alarm atau timer agar lebih fokus ketika bekerja.

Itu tadi cara bekerja cerdas agar pekerjaan Anda menjadi lebih efektif dan efisien sehingga tidak banyak energi yang terbuang sia-sia. Selamat mencoba.